Beda Kebutuhan, Beda Pula Produknya! Ini Perbedaan Jenis Toner Berdasarkan Fungsinya Yang Perlu Kamu Tahu

Menggunakan toner merupakan rutinitas wajib yang harus digunakan setelah mencuci wajah menggunakan cleanser. Berbagai jenis toner ditawarkan di pasaran. Namun, ada perbedaan fungsi tidak sih antara toner satu dengan yang lainnya?

Secara umum, toner berfungsi sebagai intense hydration, memaksimalkan kinerja skincare yang akan diaplikasikan ke kulit berikutnya, sekaligus mengangkat lapisan kulit mati agar kulit terlihat lebih fresh. Selain itu, beberapa toner juga menjanjikan beberapa manfaat lain, seperti mengecilkan pori-pori.

Baca Juga: Tak Butuh Waktu Lama Untuk Melakukan Treatment Di Tempat Ini 

Akan tetapi, toner biasanya dibagi lagi menjadi tiga jenis utama, yaitu hydrating, exfoliating, dan anti-aging. Untuk lebih lanjutnya, simak penjelasan di bawah ini, ya!

Hydrating Toner

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Official Page Naruko Indonesia (@naruko.indonesia) on


Kamu  pasti sudah tak asing dengan toner satu ini. Toner jenis hydrating berfungsi untuk menghidrasi kulit dan menyeimbangkan kembali pH kulit. Toner dengan fungsi hydrating bisa kamu jumpai di pasaran. Biasanya toner dengan fungsi hydrating memiliki kandungan Hyaluronic Acid dan Glycerin. Salah satu toner yang memiliki fungsi hydrating adalah Naruko.

Exfoliating Toner

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Pixi by Petra (@pixibeauty) on

Toner dengan fungsi exfoliating berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati dari wajah dan membersihkan pori-pori tersumbat. Nah, untuk kamu yang hendak mencerahkan wajah, kamu bisa menggunakan toner dengan fungsi exfoliating ini. Jenis toner yang satu ini memiliki kandungan AHA, BHA, dan PHA.

Kamu pasti sudah tak asing lagi kan dengan kandungan-kandunga tersebut? Salah satu produk toner yang memiliki fungsi exfoliating adalah dari brand Pixi.

Anti-Aging Toner

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Raiku (@raikubeauty) on

Selain hydrating dan exfoliating, ada juga jenis toner dengan fungsi anti-aging. Toner jenis ini berfungsi untuk memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan tanda-tanda penuaan. Biasanya toner dengan fungsi anti-aging memiliki kandungan Retinol. Salah satu toner yang memiliki fungsi anti-aging adalah Raiku.

Baca Juga: Pakai Toner 2 Kali? Wajib Atau Tidak?!

Mungkin tidak sih, satu toner mencakup tiga hal di atas? Bisa saja! Kamu bisa cek bahan-bahan yang ada di dalamnya apakah memang mengandung bahan yang efektif untuk menghidrasi, mengeksfoliasi, dan menyamarkan tanda-tanda penuaan pada kulit.

So, jangan sampai salah pilih, ladies!

Penulis: Annisa P Nutri