Biar Tak Musuhan Sama Kaca Pembesar Saat Cek Kulit, Ini 4 Cara Untuk Mengatasi Pori-Pori Besar

Pertanyaan sejuta umat: Bisa tidak sih kita mengecilkan pori-pori? Inginnya sih begitu ya. Namun, menurut dermatolog asal New York City, Dr. Debra Jaliman, sayangnya itu cuma sebatas fantasi saja. “Ukuran pori-porimu itu secara genetis sudah ditentukan dari sananya,” ungkap Dr. Debra. Jadi sampai batas tertentu, ya kita harus terima nasib, begitulah pori-pori kita apa adanya. Mau kulit kita mulus bagai tak berpori atau sebaliknya, bahkan tanpa kaca pembesar saja, pori-pori kita sudah terlihat segede gaban.

Baca Juga: Ingin Kulit Kece Kayak Perempuan Korea? Ini 5 Langkahnya!

Namun, masih ada harapan untuk mengamuflase agar tampilan pori-pori terlihat lebih kecil. Simak empat cara mengatasi pori-pori besar berikut ini:

1. Pakai Masker

Ketika pori-pori tersumbat oleh makeup, sel-sel kulit mati, dan kotoran, maka lubang pori-pori yang sebenarnya berukuran kecil itu, bisa ikutan tersumbat dan tampak jadi lebih besar. Menggunakan masker berbahan lumpur tiap dua kali seminggu akan membantu untuk menarik keluar kotoran, menjaga pori-pori agar tetap bersih dan ringkas. Bahan lumpur akan menyerap kelebihan minyak dan menarik keluar kotoran yang ada di pori-pori.

Coba gunakan Innisfree Super Volcanic Pore Clay Mask (Rp190.000). Kalau kamu sudah bermain-main ke gerai Innisfree di Jakarta, pasti kamu tahu kalau produk ini laris manis diburu pencinta K-Beauty. Masker bilas yang mengandung kapsul lumpur vulkanis dari rangkaian lumpur vulkanis Jeju ini dapat membantu mengontrol minyak berlebih dan membersihkan pori.

Efektif membantu mengecilkan tampilan pori, mengontrol minyak, mengangkat sel kulit mati, membersihkan kulit secara menyeluruh, mencerahkan kulit, serta memberikan efek dingin menyegarkan.

Baca Juga: Selain Masker Lumpur, Korea Punya Beragam Jenis Masker Lain Untuk Berbagai Bagian Tubuh

2. Lakukan Eksfoliasi

Entah kamu punya waktu buat maskeran atau tidak, memakai scrub eksfoliasi itu wajib hukumnya. “Sel kulit mati cenderung untuk mengumpul di gundukan di sekitar pori-pori, sehingga pori-pori pun terlihat lebih besar,” jelas Emmy Graber, MD, dermatolog yang berbasis di Boston. Menggunakan produksi eksfoliasi akan meringkas pori-pori dan membuat kulit tampak lebih cerah.

A post shared by @i_love_provance on

L’Occitane Reine Blanche Illuminating Scrub (Rp580.000) dengan lembut mengeksfoliasi kulit untuk membantu untuk memancarkan cahaya kulit. Teksturnya yang lembut membersihkan kulit dari kotoran. Cocok buat kulit Asia yang memang biasanya demen sama produk pencerah kulit.

Diformulasikan dengan Reine Blanche Complex, warna dan tekstur kulit jadi lebih merata, kulit menjadi lembut, halus, dan cerah. Dan kami termasuk pencinta varian Reine Blanche loh! Well, apa pun produk eksfoliasi yang kamu pilih, gunakanlah setidaknya dua kali seminggu untuk menjaga pori-pori tetap bersih.

3. Persiapkan Kulitmu

A post shared by La Mer (@lamer) on

Setelah membersihkan wajah, persiapkan kulitmu dengan serum seperti La Mer Genaissance de la Mer The Serum Essence (Rp8.600.000) yang bisa membantu memacu peremajaan alami kulit. Kandungan The Smooth Finish Ferment-nya bukan hanya menjadikan tekstur kulit semakin halus, namun juga membantu membersihkan dan meringkas tampilan pori-pori.

Atau kamu bisa memilih pelembap harian seperti BIOKOS Pure Balance Hydro Gel Moisturizer (Rp38.600). Pelembap berbentuk gel ini bebas minyak, tidak lengket, dan mudah meresap. Kandungan Bio-Witch Hazel Water-nya bisa membantu mengurangi kelebihan minyak di kulit dan memperkecil tampilan pori-pori.

Baca Juga: 4 Kesalahan Yang Mesti Dihindari Pemilik Kulit Berminyak

Bila kulit sudah lembap, langkah esensial berikutnya adalah aplikasi primer sebelum memakai foundation. Tentu kamu tahu kan apa alasannya kamu perlu pakai primer tiap hari? Primer akan membantu menghalangi makeup ‘bermigrasi’ masuk ke dalam pori-pori dan secara instan akan meminimalkan tampilan pori-pori yang besar.

4. Aplikasikan Makeup Secara Tepat

A post shared by Guerlain (@guerlain) on

Setelah habis pakai primer, baru pakai foundation. Triknya adalah memakai kuas makeup untuk menciptakan sapuan yang halus merata. Ini akan lebih mudah ketimbang menggunakan tangan dan jari. Kamu juga bisa pakai beauty blender atau Silisponge.

Baca Juga: Perhatikan ‘Rambu-Rambu ‘Saat Memakai Beauty Blender

Salah satu kuas yang bisa kamu pertimbangkan adalah Guerlain Lingerie De Peau Brush (Rp725.000). Bentuknya memang seperti kuas bedak. Namun justru dengan bulu-bulunya yang padat dan sangat lembut, kamu bisa mengambil foundation cair dalam jumlah yang pas. Tidak berlebihan. Aplikasi foundation-mu pun jadi lebih cepat, mudah, halus, dan merata.

Sebelum itu, coba basahi dulu kuasmu dengan air atau face spray agar sapuan foundation-mu tampak lembap dan alami, jauh dari kesan cakey.

Untuk makin membantu menyamarkan tampilan pori-pori serta noda pada wajah, kamu bisa tambahkan CANMAKE Pore Cover Concealer (Rp128.000) di daerah hidung. Bisa juga digunakan sebagai highlighter di bawah mata loh!

Alternatif lain, gunakan Benefit POREfessional: Pore Minimizing Makeup (Rp490.000). Formulanya sangat tipis namun tetap mampu meminimalkan penampakan pori di wajah. Bisa dipakai langsung pada wajah bersih maupun di atas makeup. Tersedia dalam beberapa pilihan warna sesuai skin tone naturalmu.

Terakhir, bubuhkan bedak tabur superhalus seperti Make Up For Ever Ultra HD Loose Powder (Rp630.000) untuk ‘mengunci’ makeup-mu dan agar makin mengamuflase penampakan pori-pori yang besar.