Jangan Lengah! Ini 5 Kebiasaan yang Dapat Memperlambat Metabolisme Tubuh.

Memiliki tubuh ideal yang sehat adalah impian setiap perempuan. Banyak cara yang dilakukan untuk mencapai impian tadi, seperti rutin berolahraga dan diet yang ketat.

Selain berat badan dan aktivitas fisik, sebenarnya ada hal lain yang dapat mempengaruhi (atau bisa dibilang mengganggu) proses pembentukan tubuh ideal. Apakah itu? Jawabannya adalah metabolisme yang lambat.

Banyak dari kita yang tanpa sadar melakukan kebiasaan yang dapat memperlambat metabolisme. Hal itu membuat kita merasa lesu. Sebagian orang yang hendak menurunkan berat badan mengalami kemunduran, bahkan gagal.

Baca Juga: Tiduran bisa bikin langsing? Bisa dong!

Hmm, memang apa saja sih yang dapat menyebabkan metabolisme menjadi lamban? Kita simak jawabannya sama-sama, yuk!

Sarapan Yang Tak Sesuai

Berikut Ini Kebiasaan Yang Dapat Menghambat Metabolisme Tubuh (3)
http://bangka.tribunnews.com/

Memang benar sarapan itu penting. Tapi, kamu juga perlu perhatikan menu sarapanmu. Menu sarapan di pagi hari yang ideal bukan hanya asal banyak dna kenyang. Sarapan yang baik memiliki keseimbangan rasio 30% protein, 30% lemak, dan 40% karbohidrat.

Kurang Tidur

Berikut Ini Kebiasaan Yang Dapat Menghambat Metabolisme Tubuh (2)
http://zicamimmune.com

Tidur cukup selama 8 jam merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan jika kamu ingin memiliki tubuh dan kulit yang sehat. Kalau kamu kurang tidur, maka gula darah dan keseimbangan hormon akan terganggu. Oleh karena itu, pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Kamar yang bersih, nyaman, dan penerangan temaram atau gelap bisa membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Dicoba, ya.

Diet yang Salah

Berikut Ini Kebiasaan Yang Dapat Menghambat Metabolisme Tubuh (4)
https://www.nhs.uk/

Diet? Why not! Tapi, kamu harus paham dan tahu betul dos and don’ts dalam berdiet. Diet bukan melulu mengurangi porsi makan atau menghilangkan satu jenis makanan secara total. Diet seperti ini mungkin akan membua berat badanmu lebih cepat turun, tapi juga cepat naik lagi. Plus, ada risiko penyakit karena dilakukan dengan tidak seimbang. Diet yang ideal adalah mengetahui pola makan yang tepat sesuai dengan kondisi tubuh kamu saat itu. Berapa asupan gizi yang tetap harus dipasok agar kamu tetap bisa beraktivitas dengan lancar dan apa yang harus dikurangi untuk menyeimbangkan. Semua bisa dilakukan jika sebelumnya kamu melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli gizi. It’s always a good way to start your diet.

Kurang Minum Air Putih

Berikut Ini Kebiasaan Yang Dapat Menghambat Metabolisme Tubuh (5)
https://chicagohealthandwellness.com/

Tubuh kita terdiri dari 50% air. Karenanya, air atau cairan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat. Dengan memenuhi kebutuhan cairan yang diperlukan tubuh, banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan, diantaranya membantu fungsi otot bekerja lebih baik dan tidak mudah lelah, menjaga kelembapan kulit, membantu sistem kerja usus dengan normal, memelihara fungsi ginjal, dan mengendalikan kalori. Jadi, jangan minum hanya saat haus saja. Pastikan kamu sudah mengisi tubuhmu dengan cairan dalam jumlah yang diperlukan.

Manajemen Stress

Berikut Ini Kebiasaan Yang Dapat Menghambat Metabolisme Tubuh (6)
https://www.citynews-koeln.de/

Banyaknya aktivitas yang dikerjakan terkadang membuat kinerja tubuh berjalan tidak seimbang. Kamu pasti pernah mengalami jenuh dan penat, jika dibiarkan akan mencapai stres dengan tingkat yang tinggi. Tentunya hal itu tidak baik kan untuk tubuh karena dapat menghambat metabolisme. Cara termudah untuk sedikit meringankan saat stress mulai datang adalah menghirup udara melalui hidung dan hembuskan melalui mulut sebanyak lima kali.

Cara lainnya adalah untuk terus menyeimbangkan kesibukan dengan hal-hal yang bikin kamu relaks dan happy. Jangan anggap enteng hobi. Orang yang punya hobi dan masih menekuninya cenderung lebih mudah merasa senang dan teralihkan dari hal-hal yang membuatnya bersedih. Jadi, tetap lakukan hal-hal sederhana yang bikin kamu bahagia, ya.

Nah, sekarang sudah tahu kan hal-hal apa saja yang dapat menghambat metabolisme tubuh. Mulai sekarang, selain pola makan dan olahraga teratur, kamu juga harus perhatikan hal-hal yang dijelaskan di atas tadi. Semuanya demi mendapatkan tubuh yang sehat dan ideal. Dicoba, yuk!

 

Penulis: Annisa P Putri