Albert Kurniawan, Makeup Artist Indonesia Yang Hits Di Filipina, Kasih 6 Tips Kecantikan Untuk Perempuan Indonesia!

Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus! Lagi seru apa hari ini? Upacara bendera sudah! Lomba makan kerupuk sudah! Balap karung sudah! Tapi eitsss, buat kita-kita yang pencinta kecantikan, kontes makeup merah putih kayaknya lebih cocok, ya kan? Hehehe.

Momen 17 Agustus tentu saja bukan sekadar seru-seruan. Namun menyadarkan kita kembali, kontribusi positif apa yang telah kita sumbangkan buat Indonesia? Kontribusi positif itu bisa berupa apa saja, termasuk yang datang dari dunia kecantikan. Seperti yang dilakukan Albert Kurniawan, makeup artist asal Indonesia yang hits berat di Filipina.

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Albert adalah contoh nyata putra bangsa yang sukses go international. Dan dia benar-benar memulainya dari bawah, di negeri asing pula. Belum lagi ia harus menghadapi berbagai tantangan dan rintangan, baik dari keluarga, orang-orang sekitar, maupun masyarakat Filipina yang tentu cukup ‘kaget’ dengan kehadiran warga Indonesia penuh talenta ini.

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Berkat kerja keras, tidak mau berhenti belajar, dan semangat pantang menyerahnya (MERDEKA!), Albert telah banyak menorehkan berbagai prestasi. Pernah menjadi Best Makeup Artist of the Year di Filipina pada tahun 2013. Jadi mentor kepercayaan Miss Universe Filipina dan bahkan jadi salah satu kunci sukses yang mengantarkan Kezia Warouw, Puteri Indonesia 2016, tampil begitu memukau di ajang Miss Universe 2016. Keren kan?!

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Prestasi dan nama besar itu tidaklah membuat Albert seperti kacang yang lupa kulitnya. Justru pengalaman internasionalnya menjadikan Albert lebih luas wawasannya dan peka dalam mengamati kebiasaan cantik para perempuan di Indonesia. Makanya dia dengan senang hati berbagi enam tips kecantikan yang berguna banget nih buat kita-kita di tanah air.

1. Tampillah Lebih Simpel

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Albert mengamati ada kecenderungan banyak perempuan di Indonesia yang suka tampil dengan big hair dan makeup mata yang medok (eyeliner tebal hingga bulumata berlapis-lapis). Oh no! “Kesannya mereka terlihat sama semua karena apa yang lagi nge-tren, itu yang mereka ikuti semua,” keluh Albert.

Baca Juga: Pernah Coba Tren Makeup Pom Pom?

Berdandanlah sesuai usia dan situasi. Tidak perlu hanya ke mal, rambut sampai harus sasak tinggi. Apalagi buat kamu yang masih di awal usia 20-an. Kamu masih muda loh! Jadi buat apa dandan kalau justru malah membuatmu tampak lebih tua? Yup, point taken!

2. Tidak Perlu Selalu Pakai Foundation Tiap Hari

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Dan kamu juga tidak perlu selalu mengeset finishing makeup-mu dengan bedak. Coba deh cukup fokuskan pada riasan mata saja. Untuk makeup sehari-hari, Albert tidak menganjurkan untuk tampil full makeup dari pagi sampai malam. “Kasihan kulitmu. Rawat kulitmu dan biarkan dia bernapas,” saran Albert.

Kalau kamu memang merasa perlu coverage di kompleksi kulitmu, coba gunakan pelembap yang ada warnanya seperti NARS Pure Radiant Tinted Moisturizer. Lebih ringan namun coverage-nya lumayan bagus.

3. Perbanyak Minum Air Putih Dan Tidur Yang Cukup

Sudah tahu kan betapa pentingnya minum air putih? Begitu juga yang ditekankan oleh Albert. “Semahal apa pun produk perawatan kulitmu, kalau asupan air putihmu minim dan kamu kurang tidur, yahhhh percuma saja,” tegas Albert.

4. Investasi Pada Produk Perawatan Kulit Yang Bagus

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Rutin memakai serum yang berkualitas baik akan membantu menjadikan kulit semakin kencang, teksturnya lebih halus, meringkas tampilan pori-pori, serta meningkatkan kadar kelembapan kulitmu. Begitu pula dengan produk perawatan kulit esensial lainnya.

5. Gunakan Primer

Pakai primer sebelum memakai produk makeup lainnya. “Di Indonesia, biasanya makeup lebih cepat luntur. Primer akan bekerja untuk membuat hasil makeup tahan lebih lama dan sebagai ‘pembatas’ agar makeup tidak langsung menyentuh kulitmu. Primer juga akan memaksimalkan kualitas hasil aplikasi makeup-mu loh!,” jelas Albert.

Baca Juga: Ini Alasan Pentingnya Pakai Face Primer 

6. Jangan Berlebihan Memakai Produk Ber-SPF

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Perlindungan terhadap sinar matahari itu memang penting. Namun, kamu tidak perlu sampai harus memakai berbagai jenis produk ber-SPF dalam satu kesempatan sekaligus. Kalau sudah pakai tabir surya, berarti tak perlu pakai tinted moisturizer atau bedak ber-SPF lagi.

Kebanyakan tabir surya juga percuma karena malah akan membuat makeup-mu cepat luntur. Cukup pilih satu produk ber-SPF dalam keseluruhan ritual makeup-mu ya! Sippp, Albert!

A post shared by abtkurniawan (@abtkurniawan) on

Hei kamu, para perempuan Indonesia, jadi sudah siap tampil menginspirasi dong ya?!