Hindari Makan Sambil Tiduran Kalau Tidak Mau Berakhir Seperti Ini!

Lelah beraktivitas memang sudah seharusnya istirahat sejenak. Kegiatan yang biasanya paling mudah dan sering dilakukan untuk relaksasi ialah menonton TV atau video online. Biasanya, lengkap dengan makanan di sampingmu. Tanpa sadar, kamu pun menikmati tontonan sambil makan dan tiduran. Membayangkannya saja sudah nikmat ya!

Cara bergaya makan sambil tiduran ini sudah ada sejak dulu loh ladies. Yang mempopulerkan gaya makan tersebut ialah kaum bangsawan Romawi Kuno sebagai tanda kekuasaan dan kemewahan. Mereka makan sembari berbaring dan dilayani oleh para dayang cantik. Tapi kalau kamu sepertinya makan sendiri ya? Hehehe!

Memang sangat nyaman rasanya makan sambil tiduran. Namun, kamu harus sebisa mungkin menghindari hal tersebut. Selain terkena risiko tersedak, nyatanya ada dampak lain yang ditimbulkan dari kegiatan “bermalas-malasan” itu.

Baca Juga: Lima Kebiasaan Ini Dapat Memperlambat Metabolisme Tubuhmu Ladies!

Perlu diingat ladies, makan sambil tiduran ternyata tidak baik untuk kesehatan. Tidak ingin kamu sakit kan? Oleh sebab itu, lebih baik kamu mencegah daripada mengobati ya.

Di bawah ini adalah risiko yang kamu dapatkan jika makan sambil tiduran!

Asam Lambung Naik

Makan Sambil Tiduran Ketahui Akibatnya Jika Kamu Melakukan Hal Itu! 1
buoyhealth.com

Risiko yang pertama kamu dapatkan ialah terkena refluks asam lambung atau dikenal juga dengan istilah Gastroesophageal Reflux Disease (GERD). Penyakit ini adalah kondisi di mana gangguan pencernaan yang dapat menyebabkan rasa asam di mulut dan rasa panas seperti terbakar di dada.

Asam lambung bisa mengikis lapisan dinding kerongkongan dan berakhir menyebabkan luka di kerongkongan. Wah bahaya ya! Selain itu, dampak lain yang ditimbulkan dari asam lambung adalah bisa menyebabkan rasa sakit atau kesulitan saat menelan.

Perut Begah

Makan Sambil Tiduran Ketahui Akibatnya Jika Kamu Melakukan Hal Itu! 2
pexels.com

Postur tubuh seseorang saat menerima makananan sangat memengaruhi keadaan mereka dalam seberapa baik mencerna makanan. Umumnya, tubuh mengatur proses ini dengan hati-hati. Jadi, ketika kamu makan sambil duduk, perut bagian atas akan mengembang demi menyesuaikan diri dengan jumlah makanan yang masuk ke tubuh. Lantas, apa jadinya kalau kamu makan dengan posisi tiduran?

Makan sambil tiduran akan memperlambat laju pergerakan makanan menuju lambung setelah ditelan. Kalau sudah seperti ini, lama kelamaan makanan pun menumpuk dan akibatnya jadi memperlambat kerja sistem pencernaan.

Gangguan yang diterima oleh sistem pencernaan tadi membuat dinding perut kaku dan meningkatkan tekanan pada perut bagian bawah. Akhirnya perut pun jadi begah, ladies.

Kebiasaan Buruk

Makan Sambil Tiduran Ketahui Akibatnya Jika Kamu Melakukan Hal Itu! 3
freepik.com

Sudah pasti, kebiasaan makan sambil berbaring ini adalah hal yang buruk dan semestinya kamu harus hindari. Risiko berat badan naik pun dapat terjadi. Karena kamu secara tidak sadar mengonsumsi banyak makanan dan tidak tahu sudah berapa banyak kalori yang masuk ke tubuh.

Yuk ladies, jangan lagi-lagi makan sambil tiduran! Kamu masih bisa bersantai nonton film sembari makan dengan posisi duduk yang baik kok.

Penulis: Hotma Yunita Sari Manalu