Ini Alasan Kenapa Skincare Probiotik Jadi Produk Perawatan Kulit yang Layak Dicoba

Kalau mendengar probiotik, hal yang terbersit mungkin berkaitan dengan kesehatan pencernaan. Faktanya, probiotik tak hanya baik untuk pencernaan saja, tapi juga untuk kesehatan kulit. Tak heran, dengan ilmu dan teknologi yang berkembang, berbagai produk kecantikan meluncurkan beragam Skincare Probiotik.

Sejak tahun lalu, tren probiotik sudah muncul di kalangan penggemar kecantikan, khususnya para skincare enthusiast. Ada beragam manfaat yang didapat dari skincare probiotik ini, mulai dari mencerahkan wajah hingga mencegah penuaan dini. Apa sih yang bikin Probiotik dilirik sebagai salah satu kandungan bermanfaat untuk kulit?

Kata Ahli tentang Kandungan Probiotik dalam Skincare

Hendak Mencoba Skincare Probiotik Ketahui Hal Berikut Ini! 1
https://perlmanclinic.com/

Dikutip dari artikel di Vogue, salah satu narasumber seorang dermatologi di New York, Dr. Fransesca Fusco mengatakan, “Untuk kulit, probiotik bekerja dengan cara yang sama seperti yang mereka lakukan untuk sistem pencernaan. Mereka membantu tetap dalam kondisi seimbang.” Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kandungan probiotik dalam skincare dapat menyeimbangkan kondisi kulit. Sehingga, kulit tidak terlalu kering atau terlalu berminyak.

Menurut Dr. Whitney Bowe (seorang ahli dermatologi terkemuka di New York dan pakar yang diakui dalam peremajaan kulit), probiotik bermanfaat bagi kulit dalam tiga cara utama, yaitu:

Baca Juga: Ketahui Manfaat Yogurt Untuk Kulitmu Yuk!

1. Probiotik bertindak sebagai perisai pelindung, mencegah mikroorganisme jahat dari memprovokasi reaksi kekebalan.

2. Probiotik menghasilkan antibiotik alami yang disebut peptida antimikroba yang memerangi bakteri jahat.

3. Probiotik meningkatkan fungsi kulit. Yang dimaksud dalam hal ini adalah kemampuan kulit dalam menangani radikal bebas, sinar matahari (UVA/UVB), dan polusi.

Dengan tiga cara di atas, probiotik dapat mencegah penuaan dini dan dapat membuat kondisi kulit menjadi lebih stabil dan terjaga. Sebuah studi baru-baru ini juga menemukan bahwa mikroorganisme yang hidup pada kulit dikenali sebagai benda asing oleh sistem kekebalan tubuh. Maka, secara alami ia beraksi melawan ancaman potensial, sehingga mengurangi peradangan, kemerahan, dan benjolan ketika ia meningkatkan respons pertahanannya.

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa skincare dengan kandungan probiotik tentu akan membantu dan memaksimalkan kemampuan alami kulit dalam meregenerasi, melindungi, dan menjaga kondisinya. Hmm, penting banget, kan?

Pilihan Produk Skincare Probiotik

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Lancôme Official (@lancomeofficial) on


Nah, sudah tahu kan manfaat skincare dengan kandungan probiotik apa saja. Untuk kamu yang hendak mencoba produk skincare probiotik, kamu bisa mencoba Lancome Advanced Génifique Youth Activating Concentrate Serum, La Roche-Posay Toleriane Hydrating Gentle Facial Cleanser, dan La Roche-Posay Lipikar Balm AP+ Intense Repair Moisturizing Cream.

So, selamat mencoba ladies!

Penulis: Annisa P Putri