Jadi Nomor 6 Di Eropa, Siap-Siap Sambut Ekspansi Kosmetik Polandia Ke Indonesia Nih!

Kalo ngomongin koneksi antara Polandia dan dunia kecantikan, jujur, tadinya kami tidak kepikiran sama sekali. Image negara Eropa Tengah itu di kepala kami adalah negara Eropa klasik dengan gedung-gedung tuanya. Sampaiiiiii …. kami ingat, Inglot Cosmetics.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by INGLOT Cosmetics Indonesia (@inglotindonesia) on

Aha! Ngomongin Inglot, pasti ingat kuteks yang tersohor dengan keistimewaan ‘wudu-friendly’-nya. Bahkan karena itu, kuteks Inglot sering disinonimkan dengan istilah kuteks halal.

Baca Juga: Takut Tak Bisa Salat Kalau Pakai Kuteks? Pakai Cat Kuku ‘Wudu-Friendly’ Ini Dong!

Inglot Cosmetics memang berasal Polandia dan selalu menggunakan teknologi terdepan dalam berbagai produknya. Dan ternyata Polandia punya berbagai produk kosmetik yang tak kalah keren dari Inglot.

Itu yang eBLUSH temui saat menghadiri undangan COSMETIC INDUSTRY STUDY TOUR 2018 dari Polish State Investment and Trade Agency, beberapa bulan silam. Selain tim Indonesia, hadir pula tim Uni Emirat Arab dan Cina pada kesempatan tersebut.

Di salah satu agenda event COSMETIC INDUSTRY STUDY TOUR 2018 yaitu workshop B2B oleh PZPK, Mrs. Blanka Chmurzyńska-Brown (General Director of the Polish Union of the Cosmetic Industry) menjelaskan lebih detail tentang situasi industri kosmetik saat ini di Polandia.

Beauty Fair Katowice - Mrs. Blanka Chmurzynska-Brown (General Director of the Polish Union of the Cosmetic Industry)
Mrs. Blanka Chmurzyńska-Brown (General Director of the Polish Union of the Cosmetic Industry)

Polandia rupanya merupakan pasar kosmetik nomor enam terbesar di Eropa. Kekuatan industri kosmetik di Polandia adalah keberagamannya. Di pasar Polandia, ada sekitar 100 produsen kosmetik skala besar dan menengah, serta lebih dari 300 produsen kecil. Dan struktur pasar ini kondusif dan fleksibel terhadap bermacam kebutuhan, inovasi, dan perubahan.

Polandia punya berbagai keahlian di berbagai bidang. Makanya di negara itu terdapat banyak laboratorium dan fasilitas penelitian independent yang melakukan penelitian physicochemical, microbiological, dan dermatologi, untuk mengontrol dan memperbaiki kualitas produk-produknya.

Inovasi dan kualitas jempolan dari kosmetik Polandia ini, kemudian dikombinasikan dengan bahan-bahan alami yang didapatkan secara lokal. Sehingga banyak produk kosmetik Polandia itu bebas paraben dan bebas kandungan yang memicu sensitivitas. Tidak diuji coba pula pada binatang. Cool!

Tak heran, Mrs. Blanka pede kalau kosmetik Polandia punya potensi besar untuk masuk pasar Indonesia. Bahkan mereka dalam proses mempersiapkan sertifikasi halal yang kerap dibutuhkan produk kosmetik di Indonesia.

Usaha Polandia tidak main-main dalam melebarkan ekspansi pasar kosmetiknya di Indonesia. Ini terbukti saat kami mengunjungi salah satu pameran kecantikan terbesar di Polandia, XVIII EDITION OF Festiwal Fryzjerski Hair Fair dan Beauty Fair Katowice 2018, di kota Katowice.

Pada Beauty Fair Katowice kali ini, berbagai produsen cat kuku dan perlengkapan perawatan, penataan, serta pewarnaan rambut, banyak kami temui. Banyak brand-brand Polandia yang kami baru tahu. Mulai dari Silcare®, Makear™, Savona, hingga Volume Hair Plus.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Silcare (@silcare) on

Silcare sp. z o.o. sp. k. misalnya, adalah perusahaan Polandia yang spesialisasinya pada light-cured products alias produk-produk yang memakai teknologi sinar UV. Silcare® juga memproduksi produk perawatan tubuh, tangan, kaki, dan rambut.

Light-cured products memang sedang nge-tren di Polandia. Menurut Mrs. Blanka, tren ini naik daun sekitar tiga hingga empat tahun terakhir. Berbagai cat kuku gel berteknologi UV hadir di pasaran dan didesain untuk tahan lebih lama, tak mudah rusak, dan hasilnya pun berkilau.

Beauty Fair Katowice
http://www.beautyfair.pl/

Banyak loh brand cat kuku UV gel dan hybrid nails yang pingin masuk Indonesia. Mudah-mudahan mereka bisa masuk dengan label halal dan wudu-friendly ya. Pasti banyak beauty enthusiast tanah air yang tertarik mencoba. Ya kan?!

Selain pameran, Beauty Fair Katowice juga mengadakan berbagai makeup show, hair show, kelas kecantikan, kelas nail art, seminar, talkshow, workshop, dan lainnya. Di panggung besar di tengah acara, hampir selalu ada gelaran beauty show yang rame banget penontonnya.

Beauty Fair Katowice
http://www.festiwalfryzjerski.pl/

Khususnya untuk kreasi tata rambut, kami dibuat kagum sama deretan gaya rambut avant-garde yang spektakuler. Keren!

Beauty Fair Katowice
http://www.beautyfair.pl/

Puas mengelilingi berbagai booth pameran, di Beauty Fair Katowice, kami juga berpartisipasi lagi pada pertemuan B2B dengan berbagai produsen kosmetik Polandia. Uniknya, di situ dipresentasikan tata cara untuk berbisnis di Indonesia, Uni Emirat Arab, dan Cina. Ternyata, beda negara, beda strategi bisnis loh. Jadi banyak dapat ilmu nih!

Nah, jadi pingin tahu lebih banyak kan tentang ‘petualangan syantik’ eBLUSH di COSMETIC INDUSTRY STUDY TOUR 2018?! Nantikan ya cerita selanjutnya!