Ini Panduannya kalau Kamu Mau Belanja Makeup di Korea

Sudah punya rencana liburan ke Korea dalam waktu dekat ini? Selamat, kamu sudah buat kami iri–sedih. Tapi daripada kami terus dirundung sedih karena tak bisa ikut pergi, kami berikan saja beberapa panduan belanja makeup di Korea sana. Tak lancar berbahasa Korea? Tak masalah. Simak baik-baik ya!

Banyak Diskon saat Musim Panas

Kalau kamu ke sana pada saat musim panas di sepanjang bulan Juli, kamu akan bertemu banyak tulisan diskon yang dipajang di berbagai toko, terutama di Myeong-dong. Nama diskonnya: Seoul Summer Sale. Jadi jangan heran kalau kamu menemukan banyak “Buy 1 Get 1” untuk berbagai produk kecantikan.

A post shared by YB (@ybernadeta) on

Salah satu produk yang paling banyak didiskon adalah masker wajah! Beli 10 dapat 20! Kalau dirupiahkan, satu masker dari Etude House harganya bisa jadi sekitar Rp5.000 per itemnya. Bisa stock masker wajah di rumah nih!

Kenali Kode Tanggal Kadaluarsa

panduan belanja makeup di korea

Sudah mulai tergiur dengan berbagai diskon produk kecantikan yang semuanya rasanya memanggil-manggil minta dibeli? Oke, selain harus jaga diri (baca: tidak kalap!), kamu juga harus perhatikan nih tanggal kadaluarsanya. Biasanya di kemasan produk akan tertera tanggal kadaluarsa atau tanggal produksi produk tersebut.

belanja makeup di korea - tanggal kadaluarsa
althea.kr

Jangan sampai terbalik, jika menemukan tulisan “20170418 까지” artinya produk tersebut memilik tanggal kadaluarsa 18 April 2017. Sedangkan jika tulisannya “20170418 제조” artinya produk tersebut diproduksi pada tanggal 18 April 2017. Yang artinya tanggal kadaluarsanya disesuaikan berdasarkan jenis produknya.

Nah, saat Summer Sale, banyak produk yang sudah mau mendekati tanggal kadaluarsa didiskon habis-habisan. Oleh karena itu, perhatikan baik-baik tanggal kadaluarsanya. Sebaiknya jangan beli yang tanggal kadaluarsanya 3 bulan lagi ya!

Tidak Semuanya Jadi Setengah Harga

A post shared by YB (@ybernadeta) on

Belanja makeup di negara asalnya langsung memang tidak menjamin kalau produknya jadi super duper murah. Tidak begitu kenyataannya. Untuk produk skincare saja selisih harga kalau dirupiahkan bisa hanya sekitar Rp100ribuan untuk yang harganya memang di atas Rp500 ribuan.

Namun produk seperti cat kuku kami akui di sana memang murah sekali! Untuk cat kuku dari The Face Shop saja harganya bisa hanya sekitar belasan ribu rupiah dibandingkan harga di Jakarta yang harganya lebih dari Rp50 ribu per produknya. Jadi pintar-pintar tahu harga di sini sebagai perbandingan saat beli di sana ya!

Jangan Ragu Minta Sampel

belanja makeup korea - produk sample
dulcedemango.com

Bisa dibilang brand kecantikan asal Korea–yang meski saat ini banyak yang dilarang masuk ke Cina–termasuk brand yang royal dengan produk sampel. Jadi jangan heran kalau kamu akan menemukan banyak SPG dengan suka hati membagikan sampel untukmu asal kamu mau masuk ke tokonya. Tak apa, masuk saja. Toh tak wajib belanja juga, hehe.

Baca Juga: Wajah Flawles Murah Meriah dengan Trik Jamsu ala Korea

Nah, setelah transaksi belanja pun kamu akan dihadiahkan lagi berbagai produk sampel yang dijual di sana. Mereka akan asal saja masukkan berbagai produk tanpa benar-benar menghitung jumlahnya. Bahkan kalau kamu minta lebih banyak lagi sample-nya, mereka mau memberikannya lagi dengan cuma-cuma!

Jangan Lupa Belanja Makeup yang Tak Masuk ke Indonesia

Yang terakhir, belanja produk yang tak ada di sini. Selain brand-nya yang tidak masuk Indonesia, banyak juga produk yang tidak dijual di sini padahal brand-nya sudah lama ada di Indonesia. Sebut saja koleksi Star Wars Collection yang sempat dirilis saat film Star Wars happening tahun lalu. Buat penggila Star Wars sudah pasti wajib berburu produk ini.

Selain itu ada koleksi makeup The Powerpuff Girls dari brand Peripera juga terlalu cute untuk tidak dibawa pulang ke Indonesia. Deretan koleksi makeup-nya membuat kita rindu zaman kecil nonton film kartun di hari Minggu. Intip-intip koleksi lain yang unik nan lucu untuk dimasukkan ke kopermu.

Sudah cukup belum panduannya? Saran kami, yang terpenting banyak-banyak mampir dari satu toko ke toko lainnya. Scanning semua barang karena siapa tahu ada yang menarik hati. Selamat belanja makeup di Korea ya! Annyeong!