Tinggal Tekan, Usap, Lalu Say Bye-Bye Makeup Dan Polutan Dari Wajah!

Tahukah kamu, ternyata kulit sehat pun bisa jadi sensitif, pada usia berapa pun dan dipengaruhi oleh berbagai hal.

Misalnya, pemakaian kosmetik yang tak tepat dapat membuat kulit rentan, karena banyak kosmetik dibuat dengan bahan kurang berkualitas yang mengandung “polutan mikro”.

Yang juga perlu dipertimbangkan adalah efek dari kualitas air yang buruk, kondisi lingkungan (sinar UV, variasi suhu, polusi, angin, dan lainnya), faktor psikologis, dan faktor hormonal (misalnya siklus menstruasi).

Karena itulah, sebagai penghubung antara tubuh kita dan lingkungan, setiap hari kulit terpapar dengan berbagai faktor yang berpotensi membuatnya menjadi sensitif.

Gara-gara tubuh tak mampu bertahan dari tiga kegagalan fungsi yang berakibat buruk bagi sensitivitas kulit, muncullah siklus berbahaya. Dimulai dari reaksi peradangan (meningkatnya stres oksidatif atau akibat radikal bebas), perubahan lapisan pelindung kulit, hingga peradangan itu sendiri.

Nah, apa saja sih penyebab siklus berbahaya ini?

Yuk, simak baik-baik ulasan di bawah!

Faktor Penyebab Meningkatnya Iritasi Kulit Dan Gejala Kulit Sensitif

Sebelum kami jelasin lebih lanjut, ketahui dulu nih definisi kulit sensitif.

The International Forum for Study of Itch (IFSI) menyatakan bahwa kulit sensitif ialah sindrom yang ditunjukkan dengan munculnya “sensasi tidak nyaman” sebagai respon terhadap suatu rangsangan yang biasanya tidak menimbulkan ketidaknyamanan.

Sensasi tidak nyaman ini bisa berupa nyeri, panas, sakit, bintik, dan perih. Bentuknya pun dapat terlihat normal ataupun menunjukkan luka.

Sindrom tersebut dapat memengaruhi semua bagian tubuh, terutama wajah. Parahnya lagi, kulit dapat menjadi sensitif akibat dipengaruhi oleh berbagai faktor baik dari internal atau eksternal.

Baca Juga: Jangan Biarkan Vlek Hitam Ganggu Penampilan Kamu. Atasi Dengan 3 Produk Andalan Ini Ya, Ladies!

  • Faktor Internal

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bioderma_ID (@bioderma_indonesia) on

Sisa metabolisme dan kotoran ialah faktor internal dalam kulitmu yang juga dapat menimbulkan terjadinya kulit sensitif.

Saat pagi hari, penting bagi kamu untuk membersihkan semua toksin dan kotoran yang dikeluarkan kulit wajah sepanjang malam sebelum menggunakan perawatan kulit. Kalau tidak dibersihkan maka kotoran tadi akan terjebak di dalam kulit wajahmu sehingga kulit pun menjadi sensitif.

Lalu, di malam hari kulit wajah kembali mengaktifkan fungsi peremajaan dan proses sintesa metabolisme. Pada saat inilah waktunya untuk detoksifikasi dan regenerasi. Hal tersebut dilakukan karena kondisi kulit wajah jauh lebih berpori di malam hari dan iritasi lebih mungkin saja terjadi.

  • Faktor Eksternal

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bioderma_ID (@bioderma_indonesia) on

Makeup dan polusi atmosfer merupakan penyebab utama terjadinya kulit sensitif yang berasal dari faktor eksternal. Perlu diketahui nih ladies, kalau kamu malas untuk membersihkan riasan di wajah maka tumpukan makeup akan menjadi polutan berbahaya yang tertimbun di dalam kulit wajahmu.

Polutan lainnya berasal dari debu, asap rokok, asap, partikel kecil, logam berat, ozon, senyawa organik, dan karbon monoksida.

Jangan sedih. Kulit pun terpapar polutan yang hadir di dalam ruangan seperti perabotan rumah tangga, perangkat elektronik, sistem pemanas, pendingin ruangan, dan sebagainya.

Akibat “dihujani” polutan internal dan eksternal ini, kulit wajah pun akan menjadi kusam, sangat sensitif, dan menjadi kemerahan, bahkan berujung kulit tidak lagi berfungsi secara normal. Duh, seram ya!

Solusinya?

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bioderma_ID (@bioderma_indonesia) on

Yang kamu harus lakukan adalah membersihkan kulit secara tepat, yang berarti mencegah masuknya berbagai jenis polutan, karena dapat merusak fungsi alami perlindungan kulit. Karena itu, langkah pembersihan menjadi perhatian utama demi membatasi efek biologis dari polusi, untuk mencegah kulit menjadi semakin sensitif.

Di sinilah, BIODERMA menghadirkan Sensibio H2O, micellar water yang bukan hanya sekadar berfungsi menghapus makeup. BIODERMA Sensibio H2O dapat membantu menjaga keseimbangan fisiologis kulit wajah, mengatasi ruam dan iritasi pada kulit wajah, serta mengangkat sel kulit mati.

Baca Juga: Purging Atau Breakout? Kenali Permasalahan Kulitmu Setelah Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Telah diresepkan oleh ahli dermatologi selama lebih dari 20 tahun, BIODERMA Sensibio H2O direkomendasikan untuk meminimalkan peradangan dan menjaga fungsi perlindungan kulit.

Sensibio H2O akan membersihkan kulit dari kotoran, makeup, dan polusi.

Di pagi hari, Sensibio H2O memperpanjang kegiatan ekobiologi alami kulit dan membantu kulit membersihkan diri dari toksin yang dikeluarkan pada malam hari. Sensibio H2O juga menghilangkan partikel polutan dari dalam ruangan yang terakumulasi pada kulit.

Pada malam hari, Sensibio H2O memastikan pembersihan menyeluruh: makeup, partikel dari lingkungan (polusi), dan partikel biologis hasil metabolisme seperti sebum, toksin dari keringat, dan sel kulit mati.

Selain itu, dengan formulanya yang sangat toleran, Sensibio H2O juga akan mempertahankan lapisan hidrolipid yang melindungi kulit secara alami.

Dan yang tak kalah penting, Sensibio H2O dapat membantu mengurangi risiko peradangan dan sensitivitas berlebih. Ini karena di dalamnya terdapat Highly Purified Water, gula alami, dan tanpa polutan mikro.

Dengan teknologi micellar water, produk perawatan kulit ini memiliki tindakan unik daya tinggi, yakni membersihkan, melembutkan, menenangkan kulit, sekaligus mencegah kulit dari iritasi. Teksturnya pun hampir menyerupai air sehingga tidak meninggalkan bekas lengket, kering, atau berminyak setelah pemakaian.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Bioderma_ID (@bioderma_indonesia) on

Kabar baiknya, BIODERMA mengeluarkan kemasan pump untuk Sensibio H2O loh. Namanya BIODERMA Sensibio H2O PUMP Edition. Efisien dan praktis digunakan. Wah, kamu jadi tidak perlu repot lagi menuang dari botol karena sekarang tinggal tekan tutup botol kemasan dan micellar water pun keluar. Hanya diperlukan satu kali usapan untuk membersihkan.

Buruan beli edisi terbatas ini sebelum kehabisan ya, ladies!

Yuk sama-sama jaga kulit kita dan #FreeYourSkin dari makeup dan polutan! Kamu bisa memulainya dengan ikutan #eBLUSHxBiodermaIndonesia Giveaway buat dapetin BIODERMA Hydrabio H2O Micellar Water dan Hydrabio Brume.

Penulis: Hotma Yunita Sari Manalu