Ini Alasannya 19 Brand Kecantikan Korea Dilarang Masuk ke Cina

Sejak kemunculan tren Korean Wave beberapa tahun lalu, Indonesia pun kebagian “banjir” budaya Korea di mana-mana. Tren musik jadi berubah dengan kemunculan girlband dan boyband yang tampangnya dipoles se-Korea mungkin.

Tren kecantikan pun juga ikut kebagian berubah. Masih ingat dengan tren dewy look yang membuat kulitmu tampak lebih glowing? Bibir pun sekarang dibuat gradasi ala ombre dengan permainan dua warna lipstik yang berbeda.

Melihat pasar ini, tak heran mulai banyak brand kecantikan yang berbondong-bondong masuk ke Indonesia. Bahkan selebriti Zaskia Adya Mecca juga mengaku kecintaannya pada tren Korea yang membuatnya meluncurkan brand kecantikan juga. Hingga saat ini, kira-kira sudah lebih dari 5 brand kecantikan Korea yang hadir di negara kita tercinta ini. Sudah ada yang pergi, tapi ada juga yang kembali lagi.

Nah, kalau di Indonesia brand-brand kecantikan Korea ini masih bebas berkeliaran (tentunya karena sudah mematuhi berbagai peraturan), di negara Cina, brand-brand tersebut mulai dilarang satu per satu kehadriannya. Sampai saat ini, kira-kira sudah ada 19 brand kecantikan Korea yang dilarang masuk ke sana.

Baca Juga: Deretan “Senjata Perang” untuk Si Pemilik Mata Monolid

Tentu ada alasan di balik semua ini. Dikutip dari WWD, Pemerintah Cina menyatakan pelarangan ini karena soal sanitasi dan beberapa isu lainnya. Namun banyak yang berspekulasi pelarangan ini sebagai hasil dari ketegangan diplomatik yang terjadi antara Cina dan Korea Selatan saat ini. We’re not sure which one is correct.

Tapi apapun alasannya, kebijakan pelarangan ini sudah ditetapkan. Beberapa brand seperti Iaso, Aekyung, dan beberapa brand kecantikan lainnya saat ini tidak bisa lagi menjual produknya di Cina. Kebijakan ini juga ternyata berpengaruh pada penjualan brand kecantikan asal Korea lain yang tidak dilarang. Penjualan brand sekelas Amore Pacific saja sudah mengalami penurunan hingga 1.68% seperti yang dikuti dari South China Morning Post.

Baca Juga: Brand Korea Ini Punya Koleksi Makeup The Powerpuff Girls!

Hmm, semoga saja ketegangan diplomatik antara kedua negara tersebut lekas reda sehingga masyarakat Tiongkok juga bisa kembali merasakan kualitas produk skincare Korea yang cukup juara. Mungkin sambil menunggu dihapusnya kebijakan tersebut, masyarakat Tiongkok bisa mencoba teknik Jamsu asal Korea yang bisa bikin makeup lebih flawless dan tahan lama dengan hanya mengandalkan air saja.