Purbalingga Penghasil Bulu Mata Palsu Terbesar Di Dunia? Masa Sih?

Tak terasa Indonesia sudah memasuki usia ke-72 ya. Nah, kira-kira sebagai beauty enthusiast, apa sih kontribusi kamu untuk Indonesia? Beli kosmetik lokal? Ya, itu bisa juga sih karena dengan membeli produk lokal itu artinya kita membantu meningkatkan ekonomi Indonesia.

Ada fakta menarik loh, ladies! Kamu tahu tidak ternyata Indonesia merupakan penghasil bulu mata palsu terbesar di dunia setelah Cina loh! Iya beneran deh, produksinya dilakukan di kota Purbalingga, Jawa Tengah. Dan Purbalingga telah melakukannya sejak tahun 1967.

Hayooo, yang suka pakai bulu mata palsu, tahu tidak nih? Di Purbalingga, ada beberapa pabrik tempat produksi bulu mata palsu diproduksi. Namun produksi bulu mata palsu ini juga dilakukan di rumah sebagai home industry.

Home industry? Ya, home industry alias produksinya dilakukan di rumah dan yang mengerjakan merupakan warga Purbalingga. Wah, siapa sangka ya. Hehehe. Dalam membuat bulu mata palsu tak hanya sekadar menganyam, tapi ada proses lainnya, seperti membersihkan, memotong, melentikkan, serta membentuk.

Baca Juga: Pakai Bulu Mata Palsu Atau Pasang Eyelash Extension?

Ya dengan segala pengerjaan yang telaten dari para pekerjanya, bulu mata palsu asli Purbalingga ini tak perlu diragukan lagi deh kualitasnya, berstandar internasional. Pasarnya saja bukan di Indonesia lagi tapi sudah sampai mancanegara seperti Amerika Serikat, Korea Selatan, Inggris, dan Jepang.

Sayangnya saat dijual di pasaran, tidak ada label “Made in Purbalingga” tertulis di kemasannya. Jadinya orang-orang tahunya bulu mata palsu ini adalah keluaran brand-brand luar negeri. Padahal mereka membeli produk tanpa label dari Purbalingga. Sedih ya!

A post shared by Ardell Lashes (@ardell_lashes) on

Beberapa merek kecantikan ternama yang mengandalkan hasil bulu mata palsu Purbalingga sebagai pemasok utama antara lain adalah Ardell dan Eylure.

A post shared by Eylure (@eylureofficial) on

Bulu mata palsu asli Purbalingga ini sudah dipakai oleh selebriti-selebriti Hollywod, dari era Madonna sampai sekarang, seperti Katy Perry. Jadi, ceritanya bulu mata palsu Purbalingga ini lebih diminati di luar negeri dibandingkan dalam negeri. Kabarnya sih karena harga yang ditawarkan dinilai terlalu rendah sehingga kerap dianggap mutunya pun juga kurang berkualitas.

Padahal bahkan makeup artist Indonesia seperti Hendro S. yang pastinya hampir selalu pake bulu mata palsu pas merias kliennya, mengakui kalau mutu bulu mata palsu Purbalingga itu jempolan! Produk asli luar negeri saja tidak ada yang bisa menandingi.

Nah, mulai sekarang yuk eksplorasi lagi produk kecantikan dalam negeri. Kalau memang kualitas lebih baik, kenapa harus menggunakan produk luar? Yuk, kita sama-sama mendongkrak penjualan di pasar domestik dengan menggunakan produk dalam negeri. Tak hanya penampilan kita yang oke, kita juga ikut berkontribusi untuk Indonesia!

Penulis: Annisa P Putri