Perawatan Simpel Ini Akan Membuat Kulit Tumit Kembali Halus dan Mulus

Padatnya aktivitas dapat berpengaruh pada tumit kaki kamu loh, ladies. Kalau dibiarkan saja maka tumit pecah-pecah pun akan terjadi. Jika sudah begini, kamu perlu perawatan khusus agar tumitmu kembali mulus seperti awal.

Tumit yang terletak di bagian paling bawah anggota tubuh ini memiliki lapisan kulit yang namanya stratum korneum (lapisan tanduk). Lapisan tersebut merupakan lapisan kulit yang paling luar dan bagian dari epidermis. Lapisan tanduk tersusun atas sel-sel mati yang mudah mengelupas serta berfungsi sebagai pertahanan kulit untuk melindungi kulit dari cedera. Pada bagian ini pula terkandung pelembap alami yang dapat mengontrol kelembapan pada kulit tumitmu.

Nah, kalau pelembap alami ini hilang akan mengakibatkan kulit tumit kamu menjadi kering, kasar, hingga pecah-pecah. Tumit pecah-pecah tidak hanya mengganggu penampilan, tapi dapat mengundang masuknya bakteri, jamur, atau virus yang ujung-ujungnya akan melukai tumit. Duh seram ya!

Kamu jangan panik dulu ya, ladies. Kami sudah merangkum beberapa informasi untuk mengatasi tumit kamu yang bermasalah itu. Ikuti langkahnya sesuai urutannya ya!

Baca Juga: Bukan Hanya Kaki yang Perlu Perawatan, Tangan Kamu Juga Perlu Loh.

1. Rendam Kaki dengan Air Garam

Atasi Tumit Pecah-Pecah dengan 3 Langkah Ini, Dijamin Mulus Lagi 1
freshpickedbeauty.com

Untuk merendam kaki, kamu memerlukan air hangat dengan garam. Pastikan garam yang kamu gunakan mengandung magnesium dan sulfur. Hal ini bertujuan untuk mengatasi tumit pecah-pecah, kering, sekaligus membunuh bakteri dan jamur. Lalu, rendam kaki selama 20 menit. Agar tak bosan saat merendam kaki, kamu bisa membaca buku atau mendengarkan musik. Jadi bisa sekalian relaksasi deh!

2. Eksfoliasi

Atasi Tumit Pecah-Pecah dengan 3 Langkah Ini, Dijamin Mulus Lagi 2
pinterest.com

Eksfoliasi pada tumit pecah-pecah sama halnya seperti eksfoliasi umumnya yang berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Pada tahap kedua ini, kamu bisa menggunakan scrub dari bahan alami loh. Ambil gula pasir, lemon, madu, dan minyak zaitun. Aplikasikan keempat bahan ke tumit yang pecah-pecah dan gosok kulit dengan gerakan memutar secara perlahan.

3. Gunakan Pelembap

Atasi Tumit Pecah-Pecah dengan 3 Langkah Ini, Dijamin Mulus Lagi 3
beautyhealthtips.in

Setelah melakukan dua tahap sebelumnya, kamu jangan lupa untuk menggunakan pelembap ya, ladies. Kamu bisa menggunakan pelembap atau body lotion apapun di area tumit yang pecah-pecah. Untuk menjaga kelembapan tadi, kamu bisa melakukan hal ini sebelum tidur dan pergi tidur menggunakan kaus kaki. Yakin deh, tumit kamu mulus hanya dengan satu malam.

Jangan lupa dan jangan sampai melewatkan ketiga hal tadi ya, ladies. Jika dilakukan teratur, kulit tumit akan terjaga, lebih mulus, dan halus.

Penulis: Hotma Yunita Sari Manalu