Menggunakan Toner Sampai 2 Kali? Perlu Tidak Sih?!

Pernah merasa kulit wajah seperti ketarik gitu setelah cuci wajah tidak sih, ladies? Kalau iya, berarti kulit wajahmu jadi kering karena minyak alami kulit ikutan terangkat saat kamu membersihkan kulit dan kelembapan kulit pun jadi ikut berkurang. Nah, salah satu solusinya adalah dengan menggunakan toner setelah selesai mencuci wajah.

Setiap hari berapa banyak jenis toner yang kamu aplikasikan di wajahmu? Satu atau dua? Hmmm kamu harus tahu loh, kalau toner itu berfungsi mengembalikan kondisi kulit setelah dibersihkan. Seharusnya toner yang bagus itu memiliki empat fungsi sekaligus, yaitu :

1. Balancing berfungsi menyeimbangkan pH kulit
2. Exfoliating berfungsi membantu pelepasan sel kulit mati dari permukaan kulit
3. Hydrating berfungsi mengembalikan kelembapan di kulit wajah
4. Penetrating berfungsi mempersiapkan kulit untuk produk perawatan kulit yang akan digunakan selanjutnya

Namun, sampai saat ini jarang banget produk toner yang mencakup empat hal di atas. Karena itu ya paling tidak yang bisa kamu lakuin adalah melakukan ritual double toning atau menggunakan dua toner yang memiliki fungsi berbeda. Nah, apa saja sih toner yang dibutuhkan? Di bawah ini ada dua jenis toner yang setidaknya harus digunakan saat melakukan double toning.

1. Exfoliating Toner Atau Acid Toner

Lakukan DouAble Toning Agar Kondisi Kulitmu Tetap Terjaga
http://www.modavracha.com/

Toner ini memiliki fungsi mengeksfoliasi kulit. Jadi maksudnya toner ini berfungsi untuk membantu pelepasan sel kulit mati dari permukaan kulit wajah. Selain itu toner ini juga berfungsi menyeimbangkan pH di kulit. Exfoliating toner atau acid toner adalah langkah pertama yang digunakan setelah membersihkan wajah.

Dalam menggunakan exfoliating toner, kamu aplikasikan toner ini dengan menggunakan kapas. Biasanya exfoliating toner ini mengandung asam salisilat, seperti AHA dan BHA. Produk exfoliating toner itu misalnya COSRX AHA/BHA Clarifying Treatment Toner.

2. Hydrating Toner

Lakukan Double Toning Agar Kondisi Kulitmu Tetap Terjaga1
https://www.makeupalley.com/

Toner kedua yang kamu butuhkan adalah hydrating toner. Fungsinya, melembapkan dan mempersiapkan kulit untuk produk perawatan kulit berikutnya. Kalau hydrating toner, kamu bisa aplikasikan tanpa menggunakan kapas. Hydrating toner biasanya mengandung asam hialuronat.

Kalau untuk hydrating toner sih kemungkinan besar sudah sering kamu jumpai dan harganya pun beragam. Seperti Gentle Toning Lotion dari NUXE (Rp268.000) atau Sariayu Refreshing Aromatic Toner (Rp9.500).

Baca Juga: Produk-Produk NUXE Favorit Renata Kusmanto

Tips untuk kamu yang memiliki kulit sensitif: Kamu perlu berhati-hati ya dalam memilih toner! Misalnya tidak memilih toner yang mengandung alkohol. Yang kami bisa rekomen sih seperti Juara Tamarind Tea Hydrating Toner (Rp459.000).

Lakukan Double Toning Agar Kondisi Kulitmu Tetap Terjaga2
https://juaraskincare.com/

Jadi, untuk kamu yang masih menggunakan satu toner di wajah, kami sarankan untuk lakukan double toning agar kondisi kulitmu tetap terjaga kelembapan serta kesegarannya. Syukur-syukur toner punyamu sudah mencakup empat fungsi tadi. Bisa tinggal andelin satu toner itu aja sih! Namun kalau belum punya toner empat fungsi tadi, siap-siap sediain dua toner yang beda deh di rumah!

Penulis: Annisa P Putri