Cek 6 Kebiasaan Jelek Penyebab Breakout Di Wajahmu

Ladies, pasti tahu pantangan seperti jangan lupa membersihkan wajah di malam hari dan jangan suka menyentuh wajah dengan tangan. Terkadang kita lupa dengan pantangan-pantangan tersebut yang menyebabkan wajah kita mengalami breakout.

Selain pantangan di atas, terdapat juga beberapa pantangan lain yang mungkin menjadi penyebab wajahmu breakout.

Baca Juga: 5 “Dosa” Masa Lalu Putricaya “Puchh” Dalam Dunia Kecantikan

1. Menggunakan Terlalu Banyak Aksesori

A post shared by Sam Ushiro (@aww.sam) on

Topi, syal, sunglasses, bahkan ponsel yang kita gunakan kemudian terkena keringat, sisa makeup, dan lain-lain, bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah kita. Untuk menghindarinya, kita bisa secara teratur mencuci dan membersihkan benda-benda tersebut agar lebih higienis.

2. Melewatkan Pelembap

Terkadang kita suka menyalahkan wajah kita yang berminyak sebagai pemicu munculnya jerawat di wajah kita. Karena hal tersebut, kita jadi sering melewatkan penggunaan pelembap pada wajah karena menganggap bahwa pelembap bisa membuat kulit menjadi lebih berminyak.

Padahal hal tersebut salah banget, ladies. Karena jika kita tidak memakai pelembap, kulit wajah kita akan dehidrasi dan mengeluarkan minyak berlebih di wajah sehingga bisa menimbulkan permasalahan kulit lain seperti jerawat.

3. Kuas Yang Kotor

Apa kamu yang sering menggunakan kuas untuk mengaplikasikan makeup tapi jarang membersihkannya? Hati-hati, ini bisa jadi penyebab jerawat yang muncul di wajahmu karena banyak debu dan kotoran yang menempel pada kuas tersebut.

Kalian bisa coba membersihkan kuas makeup kalian dengan Brush Egg dari Jacquelle. Alat ini terbuat dari silikon yang dapat membantumu dalam membersihkan kuas makeup tanpa merusaknya.

4. Kebiasaan Tidur Yang Buruk

Saat kamu tidur, bantal, tangan, dan rambutmu yang kotor bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajahmu. Hal tersebut disebabkan karena benda-benda tersebut bisa mentransfer keringat, kotoran, minyak, dan bakteri pada wajahmu di malam hari.

Jika terdapat jerawat pada dahi dan sekitar pipimu, bersihkan sarung bantal milikmu secara teratur dan bersihkan rambutmu sebelum tidur, cantik!

5. Makeup Yang Tebal

Apa yang kita lakukan saat sedang muncul banyak jerawat di wajah? Pasti langsung buru-buru ambil concealer, foundation, dan setting powder! Kita tidak mau jerawat kita terlihat sehingga kita tutupin menggunakan berlapis-lapis makeup hingga cakey.

Padahal, penggunaan makeup seperti itu bisa memunculkan bakteri dan memperlama jerawat tinggal di wajah kita, ladies.

6. Makanan Dan Minuman Manis

BreakOut
instagram.com/aww.sam

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi juga bisa menjadi penyebab wajahmu mengalami masalah loh. Jika wajahmu memerah, kusam, dan muncul jerawat, kamu bisa coba periksa apa saja makanan dan minuman yang kamu konsumsi belakangan ini.

Terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula bisa memicu timbulnya jerawat di wajahmu.

Penulis: Nur’aini Istiqomah