Mengenal Lebih Lanjut Tentang Kandungan AHA dan BHA Pada Produk Skincare

Kamu mungkin sering mendengar istilah PH Balance atau PH yang seimbang pada produk perawatan wajah. Tapi, apakah kamu sudah familiar dengan AHA dan BHA pada produk skincare?

Salah satu permasalahan kulit yang cukup mengganggu adalah kulit kusam. Sebagian orang yang kami temui mengatakan bahwa menangani kulit kusam itu cukup sulit.

Padahal, kulit kusam tidak cukup sulit ditangani ketika kamu konsisten merawat kulitmu dan menggunakan produk yang tepat. Hmm, lagi-lagi produk yang tepat. Ya memang seperti itu! Penggunaan produk perawatan memang harus sesuai dengan apa masalah dan kebutuhan kulitmu. Kamu juga harus perhatikan jenis kulitmu, apakah berminyak, kering, atau kombinasi. Langkah berikutnya adalah peduli dan memperhatikan dengan kandungan yang ada di dalam produk perawatan kulit.

Mengenal AHA dan BHA dalam produk skincare

Salah satu kandungan produk skincare yang cocok untuk masalah kulit kusam adalah AHA dan BHA. Belakangan ini, banyak produk skincare yang menggunakan dua kandungan tersebut, terutama pada produk exfoliating. Lalu, apa sih sebenarnya AHA dan BHA?

Ketahui lebih Lanjut Tentang Kandungan AHA Dan BHA Pada Skincare 1
https://marlarene.com/marla-rene-skincare-ingredients/

AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) merupakan sennyawa asam yang dapat dikatakan efektif untuk proses pegelupasan sel kulit mati. Tahu kan, kalau kulit kita punya kemampuan untuk mengganti sel kulit mati dengan sel kulit yang baru? Namun, dalam proses alamiah, terkadang sel kulit mati ini tidak terlepas secara sempurna. Oleh karena itu, dibutuhkan bantuan produk yang dapat membantu pengelupasan sel kulit mati.

Baca Juga : Produk Asal Taiwan Ini Ampuh Banget Untuk Atasi Permasalahan Kulit

Meski terlihat sama, namun AHA dan BHA ternyata berbeda, lho! AHA memiliki komponen pelembap dan larut dalam air. Biasanya, produk dengan kandungan AHA lebih direkomendasikan untuk jenis kulit yang kering. Sementara itu, berbeda dengan AHA, BHA justru tidak memiliki komponen pelembap. Karenanya, produk dengan kandungan BHA lebih direkomendasikan untuk kulit berminyak, sensitif, dan cenderung berjerawat.

Produk skincare dengan AHA dan BHA

Produk dengan kandungan AHA biasanya ditulis dengan nama glycolic acid, lactic acid, malic acid, mandelic acid, dan citric acid. Sedangkan BHA ditulis dengan nama salycilic acid. Mulai diingat ya setiap kali membeli produk skincare.

Kandungan AHA dan BHA ini hanya bekerja pada lapisan luar kulit. Jadi kamu tak perlu khawatir. Yang perlu kamu perhatikan adalah kandungan ini memiliki reaksi yang berbeda di setiap orang. Salah satu brand yang memiliki produk dengan kandungan AHA/BHA adalah COSRX.

Nah, setelah tahu apa itu kandungan AHA dan BHA, kamu bisa lebih teliti dan selektif dalam memilik produk skincare yang tepat dengan kebutuhan kulitmu. Jangan sekadar ikut-ikutan, apalagi hanya karena tren. Kasihan kan kulitmu juga punya ciri, karakter, dan kebutuhannya sendiri. Lebih baik membeli produk skincare yang sesuai kebutuhan dan memang cocok dengan kulitmu. Salah satunya mungkin yang mengandung AHA atau BHA.

Penulis: Annisa P Putri