5 Kesalahan Penataan Rambut yang Sering Dilakukan Perempuan

Untuk urusan rambut, banyak perempuan yang sering menganggapnya sepele. Ada yang malas sisiran sepanjang masa, sampai ada yang tak pernah pakai serum rambut tapi setiap hari catokan adalah hukum wajibnya. Kamu salah satu di antaranya? Makanya daripada terus-menerus salah, lebih baik simak artikel kami yang bahas soal kesalahan penataan rambut yang paling sering orang lakukan di bawah ini ya!

A photo posted by Wet Brush Ph (@wetbrushph) on

Pakai Sisir Bergigi Rapat setelah Keramas

Tahu sisir yang sering ada di kantong bapak-bapak klimis di luar sana kan? Nah, sisir yang satu ini sayangnya juga sering dipakai sama perempuan sehabis keramas. Duh. Pasalnya, kerapatan gigi pada sisir ini bisa merusak rambut yang sedang dalam keadaan rapuh-rapuhnya karena basah. Kalau tidak betah dengan keadaan rambut yang super kusut berantakan setelah keramas, kamu bisa kok pakai sisir khusus rambut basah–seperti Wet Brush–yang sudah banyak dijual di pasaran. Memang agak mahal, tapi dijamin rambut tidak akan rusak saat disisir dalam keadaan basah sekalipun!

kesalahan rambut
hairandme.tumblr.com

Terlalu Keras Menggosok Rambut

Setelah keramas, kesalahan penataan rambut yang sering dilakukan lainnya adalah tak jarang perempuan sering menggosok-gosokkan rambutnya ke handuk untuk mengeringkannya. Sayangnya, kebanyakan menggosok-gosokkannya terlalu keras.

Sama seperti prinsip menyisir rambut setelah keramas, menggosok-gosokkan rambut ke handuk terlalu keras hanya akan membuat rambutmu jadi rusak karena kondisi rambut yang memang sedang rapuh-rapuhnya. Boleh mengeringkan rambut dengan handuk, menggosok-gosokkannya pun boleh, asal jangan terlalu semangat saja ya..

Tidak Pernah Pakai Hair Serum

Selain shampo dan kondisioner, ada lho satu produk lagi yang sangat penting kamu aplikasikan ke rambut, khususnya untuk kamu yang hobi pakai hairdryer dan alat catok. Suhu panas dari alat catok dan hairdryer ini sudah pasti bakal merusak kondisi batang rambutmu. Nah, untuk meminimalisasikan kerusakannya, andalkan hair serum sebelum menggunakan kedua alat tersebut. Kalau punya produk heat protectant lebih bagus lagi, karena produk ini diformulasikan khusus untuk melindungi rambut dari suhu panas alat styling rambut. Jangan hanya mau rambut terlihat lurus sempurna saja, tapi harus dirawat juga!

kesalahan kecantikan
Pinterest

Salah Pakai Bobby Pin

Selama ini, kamu pakai bobby pin–jepitan rambut yang biasanya warna hitam–seperti apa? Pasti deh bagian yang bergerigi menghadap atas. Iya kan? Kalau iya, artinya selama ini kamu sudah salah melakukannya. Bagian yang bergerigi ini ditujukan untuk menahan rambut, oleh karena itu harusnya menghadap ke bawah (ke dalam rambut). Mulai sekarang, yuk pakai bobby pin yang benar!

dryshampoo
dconheels.com

Terlalu Mengandalkan Dry Shampoo

Kehadiran dry shampoo memang jadi pahlawan bagi banyak perempuan yang sering terlalu malas keramas tiap hari. Sayangnya, dengan adanya dry shampoo ini bukan artinya dia menggantikan peran shampo sesungguhnya, yakni untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel di kulit kepala.

Menurut berbagai pakar rambut, terlalu mengandalkan dry shampoo setiap hari justru hanya akan membawamu ke masalah rambut rontok. Hal ini disebabkan karena residu dry shampoo yang menempel di kulit kepala pada akhirnya mengiritasi kulit kepala dan berakhir di rambut rontok yang sulit terkendali. Makanya mulai dari sekarang, si dry shampoo ini hanya perlu kamu dudukkan di bangku cadangan.