Beda Produk, Beda Pula Kedaluwarsanya! Ketahui Kapan Masa Berakhirnya Produk Kecantikanmu

Untuk menghidari hal yang tak diinginkan dalam menggunakan suatu produk kecantikan, masa kedaluwarsa produk kecantikan merupakan suatu keterangan yang wajib diperhatikan.

Sebagian besar brand kecantikan memang meletakan keterangan masa kedaluwarsa di kemasan produk mereka. Tapi, bagaimana dengan brand yang hanya menuliskan keterangan tanggal dibuat atau manufactured date? Atau bagaimana jika tanggal kedaluwarsa di produkmu sudah mulai memudar?

Nah, untuk memudahkan kamu dalam mengetahui kapan sih sebenarnya masa kedaluwarsa produk kecantikan yang kamu miliki, simak informasi berikut ini!

Produk Pembersih Wajah

Cek Yuk Kapan Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Yang Kamu Miliki! 1
https://vectorplace.com/

Untuk produk pembersih wajah, biasanya memiliki masa kedaluwarsa sekitar 36 bulan atau tiga tahun sebelum dibuka. Jika sudah dibuka, maka masa kadaluarsanya menjadi 12 bulan atau satu tahun.

Toner dan Lotion

Cek Yuk Kapan Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Yang Kamu Miliki! 5
Cosmo.ph

Sama seperti produk pembersih wajah, toner dan lotion biasanya memiliki masa kedaluwarsa sekitar 36 bulan atau tiga tahun sebelum dibuka. Jika sudah dibuka maka menjadi 12 bulan atau satu tahun.

Sunscreen atau Tabir Surya

Cek Yuk Kapan Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Yang Kamu Miliki! 2
https://lindseybalbierz.com/

Untuk produk tabir surya akan lebih baik digunakan tidak lebih dari enam bulan.

Foundation dan Makeup Base

Cek Yuk Kapan Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Yang Kamu Miliki! 6
http://evydraws.blogspot.com/

Bagi kamu penggemar makeup, pasti sudah tak asing dengan yang namanya complexion. Complexion meliputi foundation, bedak, dan makeup base lainnya ini memiliki masa kedaluwarsa tiga tahun sebelum dibuka dan satu tahun setelah dibuka. Khusus untuk bedak padat memiliki masa berlaku yang cukup lama, yaitu lima tahun sebelum dibuka dan tiga tahun setelah dibuka.

Jadi, kalau foundationmu masih banyak dan belum habis hingga waktunya jangan digunakan lagi ya. Lebih baik membuangnya daripada kulit wajahmu jadi risiko terkena masalah.

Eyeliner, Maskara, Lipstik dan lainnya

Cek Yuk Kapan Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Yang Kamu Miliki! 3
https://www.racked.com

Untuk produk makeup, seperti eyeliner, maskara, dan lipstik ada baiknya kamu gunakan tidak lebih dari satu tahun.

Eyeshadow

Cek Yuk Kapan Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Yang Kamu Miliki! 4
https://twitter.com/teriskyart/

Khusus eyeshadow, masa kedaluwarsanya tiga tahun sebelum dibuka dan harus digunakan dalam satu tahun setelah dibuka.

Parfum

Cek Yuk Kapan Masa Kadaluarsa Produk Kecantikan Yang Kamu Miliki! 7
https://www.behance.net/

Jika belum dibuka, parfum memiliki ketahanan hingga lima tahun. Tapi, jika sudah dibuka biasanya parfum memiliki jangka waktu satu tahun. Ada baiknya kamu menyimpan parfum di tempat yang jauh dari sinar matahari agar dapat bertahan lebih lama.

Untuk mengetahui apakah parfum kamu masih dalam kondisi baik atau sudah masuk kedaluwarsa, kamu bisa melihat dari warna dan tekstur. Jika parfum berubah warna dan baunya tidak lagi sama sebaiknya kamu stop menggunakannya.

Baca Juga: Rahasia Krystal Jung Tampil Flawless Setiap Hari

Meski kandungan atau bahan dasar dari tiap produk memengaruhi masa kedaluwarsa, panduan di atas tetap bisa kamu jadikan patokan. Masa kedaluwarsa produk kecantikan sangat perlu diperhatikan, terutama jika produk diaplikasinya pada area yang sensitif, seperti mata, lubang hidung, dan mulut. Jadi, lebih baik teliti dan mengikuti arahan penggunaan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

Jika kamu tipikal orang yang mudah lupa, kamu bisa gunakan stiker untuk menandai kapan kamu membeli dan membuka kemasan produk untuk memastikan bahwa produk yang hendak kamu gunakan masih aman.

Apapun demi menjaga kecantikan dan kesehatan tubuh kita. Setuju, ladies?

Penulis: Annisa P Putri