Tidak Usah Bingung Lagi, Ini 3 Hal Dasar Dalam Pemakaian Produk Perawatan Kulit Ala Korea Dan Jepang

Bagi sebagian orang yang baru mengikuti tren kecantikan Korea dan Jepang, khususnya perawatan kulit, pasti dibuat geleng-geleng kepala. Kenapa? Karena kamu pasti pusing menghafal urutan penggunaannya. Hahaha.

Banyak banget kan tahapan penggunaan produk perawatan kulitnya. Kamu juga pasti akan menemukan istilah seperti esens, serum, dan booster.

Ketiganya merupakan produk andalan dari regimen perawatan kulit Korea dan Jepang yang biasanya cukup rumit dalam menggunakan perawatan kulit. Banyak banget jenis produknya!

Untuk kamu yang baru berkenalan dengan perawatan kulit ala Korea serta Jepang dan ingin mencobanya, ingin tahu sebenarnya apa sih bedanya esens, serum, dan booster, hingga penasaran sama kegunaannya masing-masing, ……tenaaaang!

Untuk lebih jelasnya, yuk simak di sini, ladies!

1. Esens

Ini yang cukup membingungkan. Terkadang, beberapa brand tidak membedakan antara serum dan esens, tapi ada juga yang mengeluarkan secara terpisah. Sebenarnya esens tidak berbeda jauh dengan serum. Esens memiliki konsentrat yang tinggi, tapi tidak setinggi serum.

Untuk teksturnya, esens yang biasa kami temui berbentuk cair agak kental. Esens yang cukup banyak dijumpai di kalangan pencinta kecantikan, yaitu Missha Time Revolution The First Treatment Essence [Intensive Moist].

2. Serum

Seperti yang tadi kami katakan, beberapa brand tidak membedakan antara serum dan esens. Karena memang yang membedakan adalah kadar konsentrat yang terdapat di dalamnya. Serum biasanya memiliki kadar konsentrat lebih tinggi dibanding esens.
Serum juga biasa digunakan untuk permasalahan kulit yang lebih spesifik.

Untuk teksturnya, serum biasanya memiliki tekstur yang lebih encer, tapi tak menutup kemungkinan kalian menemukan yang agak kental. Serum yang dapat kamu coba, yaitu The Face Shop Yehwadam Revitalizing Serum.

Baca Juga: Serum Ini Diperkaya Rempah Khas Indonesia Loh!

3. Booster

A post shared by SHISEIDO (@shiseido) on

Banyak yang salah paham dengan booster. Terkadang booster sering disamakan dengan toner. Biasanya teksturnya memang cair seperti toner, tapi ada juga yang memiliki tekstur losion. Booster merupakan pre-essence atau pre-serum dan bukan pengganti esens atau serum ya!

Tujuan penggunaan booster yaitu memberikan nutrisi tambahan dan membuat produk lainnya bekerja dengan lebih baik. Cara pemakaiannya yaitu dengan menepuk-nepukkan di wajah sehabis pemakaian toner. Kamu bisa coba Shiseido Ultimune Power Infusing Concentrate yang bekerja untuk mengatasi penuaan dan kerusakan kulit.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan apa bedanya? Jangan bingung lagi ya. Nah, dalam menggunakan produk perawatan kulit, urutannya dimulai dari tekstur yang paling ringan. Jadi, kalau diurutkan jadinya toner – booster – esens atau serum. Apakah nantinya kamu beli esens atau serum, semua tergantung brand yang ingin kamu beli.

Kalau ditanya, perlu tidak sih pakai ketiganya? Menurut kami, kenapa tidak? Ini kalau kamu ingin dapetin hasil perawatan kulit yang lebih maksimal loh! Namun terkadang, memang kami pun cukup menggunakan toner dan dilanjut dengan pelembap saja kok.

Jadi, itu hak kamu untuk memilih, apakah perawatan kulitmu ingin dilakukan secara maksimal atau yang mendasar saja.

Selamat mencoba, ladies!

Penulis: Annisa P Putri