Pastikan Kamu Lakukan Hal Ini Sebelum Tidur Agar Tak Menjadi Masalah Bagi Kulit Wajahmu

Aktivitas yang padat seharian memang membuat kita ingin segera menemui tempat tidur. Namun sebelum kamu benar–benar terlelap di tempat tidurmu, sudahkah kamu membersihkan wajahmu?

Selama menghadapi hari yang melelahkan, kulit wajah kita telah terkontaminasi dengan berbagai macam zat seperti debu ataupun radikal bebas. Belum lagi jika kamu menggunakan makeup seharian, hal tersebut akan menjadi beban bagi kulit wajahmu.

Kotoran atau debu yang menempel di wajah mampu menutup pori–pori kulit. Hal itu dapat memicu munculnya jerawat. Sedangkan produk kimia yang ada pada kosmetik mampu mempercepat penuaan pada kulit. Kalau mau lebih detail lagi, ini nih lima alasan penting yang mengingatkan kamu agar tidak lagi kebablasan tidur sebelum membersihkan wajah:

1. Infeksi Di Area Mata

Sisa eyeshadow dapat menyumbat kelenjar minyak yang berukuran sangat kecil dan folikel rambut yang berada di kelopak matamu. Akibatnya bisa muncul berbagai macam infeksi, seperti bintil di pelupuk mata. Ewwwwww.

2. Pori-Pori Kulit Jadi Tersumbat

Saat bercampur dengan minyak di area T wajahmu, sisa makeup dapat menyumbat pori-pori kulitmu, bahkan bisa menyebabkan infeksi akibat bakteri. OH NO!

3. Munculnya Komedo Dan Jerawat Parah

Makeup itu bersifat menempel pada kotoran, minyak, dan sel-sel kulit mati. Akibatnya pori-pori kulitmu bisa tersumbat dan muncullah komedo blackhead dan jerawat yang parah.

4. Bulumata Bisa Rontok

Saat kamu tidur masih dengan eyeshadow dan eyeliner yang menempel, partikel-partikelnya dapat masuk ke dalam mata. Iritasi deh jadinya! Selain itu, sisa maskara bisa menyerpih secara kasar sehingga beberapa helai bulumatamu bisa terpaksa ikutan tertarik dan rontok.

Baca Juga: Benar Tidak Sih Pakai Eyelash Extension Bisa Bikin Bulumata Rontok?

5. Munculnya Komedo Blackhead Di Sekitar Bibir

Suka lupa menghapus lipstik? Selain bisa bikin kamu tak sengaja menelan sisa lipstik (kan beracun ya bow?!), kandungan wax pada lipstik dapat menyumbat pori-pori di kulit sekitar bibirmu. Makanya tak heran, suka muncul tuh komedo blackhead kecil-kecil di sekitar bibir. Gengges abis.

Oleh karena itu membersihkan wajah setelah beraktivitas adalah hal yang paling penting dilakukan sebelum kamu tidur, karena dapat mencegah berbagai efek ‘horor’ pada kulit wajah seperti yang disebutkan di atas.

Selain itu, di malam hari kulit wajah memiliki kesempatan untuk memperbaiki diri atau beregenerasi lebih baik dibanding siang hari karena jika kamu tidak membersihkan wajah sebelum tidur, hal itu akan menghambat proses regenerasi kulit.

Baca Juga: Usir Kerutan Dan Garis Halus Di Dada Dalam Semalam!

Memang hal yang sepele untuk dilakukan bukan? Hanya karena malas atau terlalu lelah jangan sampai kamu mengabaikan kesehatan kulitmu loh! Sekalipun kamu menggunakan produk yang mahal dan bagus untuk mengatasi permasalahan kulit wajah, jika kebersihannya tidak dijaga maka tidak akan ada hasilnya.

pentingnya membersihkan wajah sebelum tidur
www.cloudinary.com

Selelah apa pun kamu, mulai sekarang biasakan membersihkan wajah sebelum tidur ya! Kalau kamu seringnya pulang sudah larut malam dan terlalu ngantuk untuk membersihkan wajah, lebih baik kamu sediakan micellar water dan kapas atau tisu basah khusus wajah di samping tempat tidur.

A post shared by NIVEA Indonesia (@nivea_id) on

Misalnya pakai NIVEA Micellar Water ini. Hanya dengan satu usapan lembut sudah dapat menghapus makeup dan mengangkat kotoran. Kandungan dasarnya yang berbasis air bikin wajahmu tetap lembap dan sejuk. Praktis dan bikin perasaan jadi tenang deh karena kulitmu sudah bersih sebelum tidur.
Selamat tidur, cantik!

Penulis: Annisa P Putri