Sebelum Usia 30 Tahun, Lakukan 3 Hal Ini Untuk Kulit Yang Awet Muda

“Mencegah lebih baik daripada mengobati”

Pepatah yang sering kita dengar itu harus menjadi moto kita merawat kulit sehari-hari. Pada usia ’30-an, perempuan akan mengalami perubahan dalam hidupnya. Tidak cuma soal urusan mental namun juga masalah kulit. Jangan kaget, saat nanti kamu berusia 30 tahun, permasalahan kulitmu akan bertambah banyak.

Nah, sebelum kamu memasuki umur kepala tiga, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk kulit wajah yang selalu sehat!

Oleskan Tabir Surya Sebelum Keluar Rumah

Banyak wanita usia ’20-an yang melewatkan kebiasaan wajib ini. Beberapa di antaranya merasa malas atau merasa bahwa tidak ada gunanya memakai tabir surya setiap hari. Padahal, ultraviolet (UV) yang ada dalam sinar matahari dikenal dapat menyebabkan timbulnya dark spots, garis halus, kerutan, dan jerawat. Lebih ekstremnya, UV juga bisa membuat kerusakan sel kulit yang membuatnya menjadi kemerahan. Jika tidak ditangani dengan serius, kulitmu bisa terkena kanker! Ngeri ya?

Tak heran tabir surya bisa jadi skincare andalan yang bisa kamu pakai untuk menangkal paparan sinar UV itu! So, jangan lupa oleskan tabir surya agar kulit kamu bebas dari bintik hitam dan penuaan dini ya! Jangan lupa, aplikasikan juga tabir surya di bagian leher dan tangan, biar warna kulitmu tidak belang!

Ini dia beberapa rekomendasi produk tabir surya yang tak bakal bikin kantong kamu kering. Kamu tetap bisa terlindungi, meski akhir bulan menghampiri!

1. Skin Aqua UV Moisture Gel

2. Emina Sun Protection

Baca Juga: Pakai Sunscreen Itu Wajib Hukumnya Bagi Perempuan Korea

Mulai Gunakan Produk Anti-Aging

penuaan dini
www.look4ward.co.uk

Melindungi kulit dari sinar UV belum cukup jadi modal tampil awet muda di usia ’30-an. Menurut Dr. Julie Russak, Board Certified Dermatologist di Russak Dermatology Clinic,”Walaupun sudah menggunakan SPF dan produk khusus eye protection untuk mengurangi paparan sinar matahari, sebaiknya kamu juga harus mulai menggunakan produk anti-aging yang mengandung antioksidan.” Namun perlu diingat, kamu tetap harus memilih produk perawatan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan kulitmu.

Menurut Russak, menggunakan produk yang mengandung retinol merupakan awal yang baik untuk kulit usia 25 tahun. Retinol bisa mempercepat regenerasi kulit yang bisa dijamin bisa membuat kulitmu terhindar dari penuaan dini. Biar tidak kerutan di usia ’30-an nanti, yuk mulai gunakan produk anti-aging! Jangan takut mencoba, lebih baik mencegah daripada mengobati, loh!

Baca Juga : Rekomendasi Produk Anti-Aging

Healthy Inside, Beauty Outside

penuaan dini
www.shutterstock.com

Apa yang kamu lihat dari luar tubuh pasti asalnya dari dalam tubuh juga kan? Selain merawat kulit dari luar, jangan lupa rawat diri dari dalam! Makeup memang jadi andalan untuk menutupi banyak hal, tapi makanan yang mengandung antioksidan adalah sumber dari kesehatan kulit tubuh kamu.

Atur pola makanmu dengan mengonsumsi makanan yang tinggi serat dan antioksidan. Konsumsi buah berry, kacang-kacangan, dan dark chocolate bisa menambah kadar antioksidan dalam tubuh kamu. Selain itu jangan lupa konsumsi banyak buah dan sayuran. Jika perlu, minum vitamin dan suplemen harian agar tubuh dan kulitmu sehat sampai usia ’30-an!

Ingin menu yang lebih variatif? Coba resep-resep smoothie di bawah ini yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Siapa tahu, bukan hanya kulitmu yang jadi cantik, tapi juga bentuk badanmu!

[youtube https://www.youtube.com/watch?v=L2qMAkn-6K4]

Selain tiga cara di atas, jangan lupa istirahat dan berolahraga yang cukup agar kulit dan tubuh kamu selalu awet muda. Supaya kulit kamu tetap lembap, pastikan juga kamu mengonsumsi banyak air putih. Apalagi kalau kamu banyak beraktivitas di ruang ber-AC, air akan jadi senjata penting melawan kulitmu yang kering!

Penulis : Naomi Indartiningrum