Tidak Hanya Digunakan Sebagai Penyedap Masakan, Rempah-Rempah Ini Juga Bermanfaat untuk Kecantikan

Tahu kan kalau di Indonesia itu selain terkenal dengan keragaman flora dan fauna serta budayanya, negeri kita juga terkenal akan kekayaan rempah-rempahnya. Kamu masih ingat tidak pelajaran sejarah? Para penjajah di Indonesia datang untuk mengambil rempah-rempah, karena kualitas rempah-rempah Indonesia terbilang ampuh untuk kesehatan maupun penyedap masakan.

Nyatanya, tak hanya untuk kesehatan, rempah-rempah asli Indonesia ini memiliki manfaat untuk kecantikan kulit, ladies! Nah, berikut ini beberapa rempah yang memiliki manfaat kecantikan.

1. Kunyit

Rempah-Rempah Asli Indonesia Ini Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan 2
http://familinia.com

Pernah dengar resep kecantikan tradisional seperti bedak dingin atau lulur dari kunyit? Ya, tak hanya merawat kesehatan, ternyata kunyit sudah sejak lama dipercaya untuk merawat kecantikan. Kunyit mengandung curcumin sebagai antikanker dan antioksidan.

Selain itu kunyit juga dapat digunakan untuk mengangkat sel kulit mati dan membersihkan kulit dari zat tak berguna yang menempel di permukaan kulit. Banyak kita temui brand kecantikan yang menggunakan kunyit sebagai bahan utama dalam produknya.

Salah satunya adalah Clarins dengan Double Serum terbarunya yang kaya akan ekstrak kunyit. Ekstrak kunyit yang terkonsentrat di dalam serum ini bernama turmerone. Nah, turmerone ini bersama 20 ekstrak tanaman lainnya akan bekerja sebagai anti-aging yang akan bercampur pada saat pemakaian, untuk mengoptimalkan ‘bahasa’ dari sel-sel (UCAPAN + MENDENGARKAN) dan menstimulasi lima fungsi vital dari kulit. Kulit pun akan tampak muda.

Tunggu kehadiran serum best set seller ini di Indonesia sebentar lagi ya?!

2. Kayumanis

Rempah-Rempah Asli Indonesia Ini Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan 1
http://kayu-manis.com

Ada yang tahu rempah satu ini? Biasanya kayumanis digunakan untuk membuat masakan agar aromanya lebih harum. Tapi ternyata kayumanis juga digunakan untuk kecantikan loh, seperti mengurangi kerutan di wajah, mencegah tanda-tanda penuaan, dan mengatasi jerawat. Di dalam kayumanis terdapat zat yang bernama cinnamaldehyde yang berfungsi membuat kadar kolagen dalam tubuh meningkat.

Kalau kamu pingin kulitmu lebih halus, bersih, dan bercahaya, jangan lupa rajin lakukan eksfoliasi menggunakan JUARA Radiance Enzyme Scrub. Kandungan kayumanisnya dapat membantu membersihkan pori-pori.

3. Pala 

Rempah-Rempah Asli Indonesia Ini Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan 3
https://www.khasiat.co.id/

Pala mengandung bahan antiinflamasi yang dapat mencegah terjadinya peradangan pada kulit. Yang kulitnya merah-merah bisa nih atasi pakai bumbu dapur satu ini. Tak hanya itu. Yang punya bekas jerawat, mari merapat yuk. Bumbu dapur satu ini bisa menyamarkan bekas jerawat, loh!

Caranya? Kamu tinggal mencampurkan bubuk pala dengan madu dan oleskan pada bekas jerawat. Murah dan mudah kan, ladies?! Tak hanya menyamarkan bekas jerawat, pala juga mampu mencerahkan kulit.

Kalau kulitmu sensitif, bisa nih pakai sabun Sensatia Botanicals Shea Butter Island Spice. Paduan minyak esensial dan berbagai rempah termasuk pala, membuat campuran ini bekerja sebagai antiseptik, antibakteri, disinfektan, dan antijamur. Kombinasi yang menyegarkan ini juga menghaluskan dan menghilangkan rasa sakit pada kulit.

4. Merica

Rempah-Rempah Asli Indonesia Ini Memiliki Manfaat Untuk Kecantikan 4
https://blog.qlapa.com/

Siapa kira ya bumbu dapur satu ini bisa untuk menyingkirkan komedo hitam atau yang kita biasa sebut blackhead di permukaan kulit. Selain menghangatkan dan melancarkan peredaran darah, sifat biji merica yaitu sebagai antibakteri. Tak heran jika merica cocok banget untuk dijadikan bahan scrub.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Kalau Tidak Mau Kulit Wajah Dihinggapi Komedo

Caranya? Campurkan satu sendok makan merica yang sudah digiling dengan satu sendok teh yoghurt. Lalu oleskan pada permukaan kulit yang berkomedo. Sebaiknya, kamu giling atau tumbuk sendiri biji mericanya ya, karena kalau beli merica bubuk biasanya sudah ada tambahan bahan lainnya.

A post shared by Sunday Riley (@sundayriley) on

Kalau mau yang praktis, bisa pakai Sunday Riley Ceramic Slip Clay Cleanser. Foam pembersih wajah ini diperkaya merica hitam untuk membantu meringkas pori-pori, menstimulasi produksi kolagen alami kulit, dan meningkatkan sirkulasi di kulit. Meski belum resmi masuk Indonesia, kamu sudah bisa dapetin kok di berbagai online shop di internet.

Rempah-rempah ini bisa kamu temukan dengan mudah bukan? Kamu juga bisa dengan mudah mengaplikasikannya untuk kulitmu. Tak hanya mudah dicari, rempah-rempah ini juga terbilang memiliki harga yang terjangkau.

Cara tradisional tak selalu kuno kok!

Penulis: Annisa P Putri