Seberapa Sering Sih Harus Mencuci Kuas Makeup?

Yang jelas sih bukan satu tahun sekali. Itu sama saja dengan memberi sambutan hangat pada kuman-kuman yang menempel di kuas untuk hinggap begitu saja di wajah. Membersihkan kuas makeup lebih sering lebih baik. Itu hukumnya.

Hal ini untuk menghindari sisa makeup dan debu yang menempel di kuas untuk ikut menempel di wajah beserta produk makeup yang kita gunakan. Sisa makeup dan debu itu jelas bisa mengiritasi kulit dan menimbulkan berbagai macam permasalahan kulit.

Pertanyaannya adalah, harus seberapa sering?

Menurut beberapa pakar kulit, membersihkan kuas makeup sebaiknya langsung setelah digunakan. Jadi artinya kalau kamu pakai tiap hari, membersihkannya juga tiap hari. Iya, tiap hari. Sayangnya, menjadi perempuan dengan segala kesibukan setiap harinya membuat kita merasa tak punya waktu untuk sekadar membersihkan kuas makeup yang jumlahnya tak sedikit.

A photo posted by @wetnwildbeauty on

Kalau pakai eyeshadow, foundation, bedak, highlighter, shading, blush on, brow gel, setiap hari, artinya ada lebih dari 5 jenis kuas yang perlu kamu bersihkan setelah menggunakannya. Bisa langsung terbayang repotnya.

Tapi tenang, kami mengerti dengan kesibukan kamu ini, oleh karena itu, kami punya saran lain. Jika membersihkan kuas makeup dengan air dan sabun setiap harinya sudah jelas tak bisa kamu lakukan, gunakan tissue untuk mengangkat sisa makeup yang menempel di kuas. Setelah itu, pastikan kamu menyimpan kuas-kuas kesayanganmu itu di tempat yang tertutup untuk melindunginya dari debu-debu yang berkeliaran di udara.

Lebih mudah kan?

Tapi, pastikan setiap satu kali dalam seminggu kamu memandikan si kuas-kuasmu itu dengan cara yang semestinya, yakni dengan sabun dan air mengalir. Kamu bisa menggunakan sabun khusus pembersih kuas yang banyak dijual di pasaran atau shampo bayi saja juga tak masalah. Ayo rajin bersih-bersih kuas mulai dari sekarang!