Ternyata Aksesorimu Bisa Jadi Penentu Warna Foundation Yang Cocok Untuk Kulitmu Loh!

Selain bedak dan lipstik, banyak perempuan juga menggunakan foundation sebagai makeup paling dasar. Tapi, terkadang memilih foundation tak semudah membalikkan telapak tangan, ya kan?! Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Seperti, jenis kulit dan yang paling penting adalah skin tone.

Masih banyak perempuan yang keliru dalam memilih warna foundation. Perlu diketahui, sebenarnya warna foundation yang pas adalah yang senada warna kulit kita, tidak di atas maupun di bawah.

Namun memang ada sebagian perempuan yang lebih senang memilih warna foundation yang satu tingkat di atas warna kulitnya. Alasan mengapa memilih warna foundation satu tingkat di atas warna kulit adalah agar ketika foundation mengoksidasi, warna kulit kita bisa tetap terlihat normal dan tidak aneh. Alasan kedua, ya selera tiap individu. Hehehe.

Skin Undertone Bisa Jadi Pedoman Untuk Menentukan Warna Foundation 2
https://puarada.com

Nah, dalam memilih warna foundation, biasanya apa yang kamu lakukan? Mengoleskan foundation pada punggung tangan? It’s definitely wrong, ladies! Yang benar adalah mengoleskan pada belakang rahang atau area leher. Jika warnanya menyatu dengan warna kulit kamu, berarti warna itu cocok untukmu.

Nah, satu lagi cara menentukan warna foundation yang pas di kulit adalah dengan melihat skin undertone kamu.

Baca Juga: 100 Layer Foundation Di Wajah? Bagaimana Rasanya Ya?

Dengan mengetahui skin undertone, biasanya kamu akan lebih mudah memilih warna foundation yang sesuai. Tak hanya itu, bagi hijabers, skin undertone bisa jadi pedoman untuk menentukan warna foundation yang sesuai dengan warna kulit.

Sebelum ngomong lebih jauh tentang skin undertone, first of all kamu perlu memahami kalau skin undertone manusia itu dibagi tiga. Yaitu warm, cool, dan neutral.

Skin Undertone Bisa Jadi Pedoman Untuk Menentukan Warna Foundation 1
http://helloestherlea.blogspot.co.id/

Ketiganya memiliki spesifikasi warna tersendiri. Kalau kamu masih bingung dengan skin undertone kamu, ini dia cara untuk mengetahui skin undertone kamu!

1. Reaksi Sinar Matahari

Cukup lama terkena sinar matahari menimpulkan reaksi pada kulit, salah satunya yaitu perubahan warna. Coba kamu ingat-ingat lagi, saat kulitmu terkena sinar matahari perubahan warna yang terjadi pada kulitmu apa? Kecokelatan atau pink kemerah-merahan? Kalau perubahan warna kulitmu adalah kecokelatan itu berarti kamu memiliki warm undertone.

Tapi, jika kulit kamu menjadi pink kemerah-merahan itu artinya kamu memiliki cool undertone. Bagaimana dengan neutral undertone? Biasanya seseorang yang memiliki neutral undertone, reaksi sinar matahari pada kulitnya tidak terlalu terlihat.

2. Perhiasan Dan Aksesori Yang Paling Sering Dipakai

Kamu pasti memiliki setidaknya satu atau dua aksesori dan perhiasan. Koleksimu itu bisa jadi penunjuk untuk tahu apa skin undertone kamu. Orang yang memiliki warm undertone biasanya lebih cocok menggunakan perhiasan warna emas. Sedangkan, orang yang memiliki cool undertone biasanya lebih cocok menggunakan perhiasan warna silver atau perak.

Baca Juga: Rekomendasi Foundation Dari Lizzie Parra

Beruntunglah kamu yang bisa cocok menggunakan kedua warna perhiasan tersebut. Itu artinya kamu memiliki neutral undertone.

3. Urat Nadi

Hal yang paling mudah dilakukan dari ketiga cara di atas adalah dengan melihat warna urat nadi. Kalau urat nadi berwarna hijau, kamu  memiliki warm undertone. Kalau urat nadi berwarna biru, kamu memiliki cool undertone. Lalu, jika urat nadimu perpaduan antara biru dan hijau, selamat…kamu memiliki neutral undertone.

Setelah tahu skin undertone kamu, mulailah kamu mencari warna foundation yang pas. Kalau kamu memiliki cool undertone, kamu bisa memilih warna foundation yang lebih ke arah pink (biasanya lebih terang). Tapi, kalau kamu memiliki warm undertone, carilah warna foundation dengan sentuhan warna kuning.

Skin Undertone Bisa Jadi Pedoman Untuk Menentukan Warna Foundation 3
http://www.nyoozee.com

Baca Juga: Warna Foundation Untuk Kulit Perempuan Indonesia

Kalau kamu salah satu pemilik neutral undertone, kamu tak perlu ambil pusing karena warna foundation apa pun biasanya pasti cocok dengan warna kulitmu.

Nah, cara-cara di atas cukup membantumu memilih warna foundation. Dan mudah pula kamu terapkan. Jadi, kamu tak perlu galau lagi nih milih warna foundation.

So, selamat mencoba, ladies!

Penulis: Annisa P Putri