Ingin Kulit Sehat? Ini Perbedaan Cara Membersihkan Wajah Dengan atau Tanpa Makeup

Salah satu hal yang harus dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat adalah rutin membersihkan wajah. Namun, perlu kamu ketahui membersihkan wajah pun ada aturannya. Berikut ini tips membersihkan wajah untuk dapatkan kulit sehat.

Bagi kamu yang sering menggunakan makeup dibutuhkan beberapa langkah untuk membersihkan makeup yang kamu gunakan. Lalu, jika sedang tidak menggunakan makeup apakah wajah tetap perlu dibersihkan? Kalau ya, apakah caranya sama dengan saat memakai riasan?

Nah, kamu bisa intip di bawah informasi soal membersihkan wajah dengan atau tanpa makeup.

1. Membersihkan Wajah dengan Makeup

How to clean face with makeup
Refinery29

Saat sedang menggunakan riasan, pastikan kamu membersihkan wajah dengan benar-benar bersih dan bebas makeup. Kamu pasti sudah sering mendengar istilah double cleansing atau bahkan ada yang sampai triple cleansing. Kamu bisa memilih metode yang manapun. Yang penting, pastikan riasan terangkat dan wajah bersih kembali.

Nah, untuk urutan membersihkan wajah yang paling dasar saat kamu mengenakan makeup, yaitu cleansing milk atau oil, lalu cleanser, dan toner. Cleansing milk atau oil berfungsi untuk mengangkat makeup dari kulit. Cleanser berfungsi untuk membersihkan wajah secara keseluruhan. Sementara toner, untuk memastikan tak ada sisa residu dari makeup yang kamu kenakan, plus untuk membantu menyeimbangkan kembali pH kulit wajahmu.

Baca Juga: Ini Kata Ahli Tentang Skincare Probiotik, Worth or Not?

2. Membersihkan Wajah Tanpa Makeup

How to clean face without makeup
Daily Makeup

Santai seharian di rumah bukan berarti wajahmu tetap bersih sepanjang hari, ladies! Meskipun tak menggunakan makeup, debu dan kotoran tetap bisa menempel loh di kulit wajah. Oleh karena itu, kamu juga tetap harus membersihkan wajah paling tidak pagi hari dan sebelum tidur.

Apakah tahapannya sama saat menggunakan makeup? Bicara soal tahapan, kembali ke kebiasaan dan kenyamanan pribadi. Jika kamu terbiasa menggunakan cleansing milk atau oil sebelum cleanser, ya tidak masalah. Namun, jika kamu ingin mempersingkat waktu, paling tidak jangan lupakan menggunakan cleanser dan toner, ya.

Baca Juga: Ini Salah Satu Produk Yang Dapat Membantumu Membersihkan Kulit Wajah Tanpa Repot

Jadi, saat kamu tidak menggunakan makeup, bukan berarti kamu tak membersihkan wajah ya! Meski sedikit merepotkan, pastikan kulit wajah terbebas dari kotoran yang dapat menyebabkan masalah di kulit wajahmu. Wajah bersih tentu lebih sehat, kan!

Penulis: Annisa P Putri