Pahami 3 Persepsi Ini Sebelum Mengikuti Tren Skincare Korea

Korea memang terkenal dengan segudang produk kecantikan dan perawatan kulitnya. Bahkan di Indonesia sendiri, produk skincare Korea sangat diminati. Tapi, tahukah kamu, ternyata ada 3 persepsi yang kurang tepat dalam penggunaan skincare Korea, lho!

via GIPHY

1. Kuantitas Menentukan Hasil

Kamu pernah coba 10 steps skincare atau 7 skin methods?  Atau mungkin Triple Cleansings? Merawat kulit bukan berarti kamu harus memenuhi segala langkah dan beragam produk yang sedang tren. Kulit setiap orang punya ciri, masalah, dan kebutuhan masing-masing.

Jangan mementingkan jumlah produk skincare yang kamu gunakan. Coba lebih prioritaskan efektifitasnya di kulit kamu. Catatan penting juga bagi pemilik jenis kulit yang sensitif, sebaiknya perkenalkan kulit terlebih dahulu dengan skincare yang akan kamu gunakan.

Lalu, waktu pemakaian. Tunggulah 3 sampai 6 minggu. Durasi tersebut adalah waktu ideal bagi skincare untuk menunjukan kinerjanya.

Dan yang juga penting, jangan pernah mencoba beberapa produk dalam waktu yang bersamaan. Cobalah untuk mengetahui kecocokan kulitmu dengan satu produk terlebih dahulu. Mencoba lebih dari satu produk bersamaan, akan membuat kita sulit menentukan mana yang cocok, mana yang tidak.

2. Sheet Mask-ing Setiap Hari Aman untuk Semua Kulit

Bagi kamu yang mempunyai jenis kulit normal, mungkin tidak akan jadi masalah jika gonta-ganti sheet mask setiap hari. Karena kulit akan terasa lembap dan segar.

Namun, bagaimana dengan pemilik kulit sensitif? Perempuan dengan kulit sensitif tidak dianjurkan untuk sering mengganti varian sheet mask. Mengekspos kulit pada sheet mask dengan kandungan yang berbeda-beda setiap harinya tentu berisiko memicu iritasi. Bahan-bahan alami pada skincare berpotensi menimbulkan reaksi negatif, terutama jika formula sheet mask-nya mengandung alkohol dan parfum yang tinggi.

Untuk pemilik kulit sensitif, dianjurkan untuk menggunakan satu atau beberapa varian sheet mask yang sudah terbukti cocok di kulit dan tidak menimbulkan iritasi.

Baca Juga : Ini Dia 4 Manfaat Masker Hitam Asal Korea Yang Perlu Kamu Ketahui

3. Semakin “Basah” dan Lembap, Semakin Bagus

Kulit yang basah dan lembap mungkin memang kulit dambaan semua perempuan Korea. Tapi, perlu diingat juga bahwa iklim mereka sangat berbeda dengan di Indonesia.

Perempuan Korea yang punya jenis kulit kering mungkin butuh berlapis-lapis hydrators untuk menjaga kulitnya tetap lembap dan lembut. Langkah ini tentu kurang tepat bagi pemilik kulit berminyak. Apalagi, dengan kondisi cuaca di Indonesia yang cenderung panas dan lembap.

Kembali lagi, cara memakai produk tentu bergantung pada kondisi kulit masing-masing. Jangan terpaku dengan standar perawatan kulit orang lain, apalagi kulit selebriti dan figur publik. Fokuslah pada jenis dan kebutuhan kulitmu. Daya serap kulit pun terbatas. Perhatikan dan jangan abaikan jika penggunaan produk memicu ekstra minyak atau  berpotensi memicu komedo.

Nah, setelah mengetahui jenis kulit kamu dengan baik dan benar (kecenderungan berminyak atau kering, kebutuhan dan perawatan yang diperlukan, hingga alergi dan sensitivitas terhadap satu bahan atau formula tertentu) barulah kamu bisa memilah-milih produk dan langkah perawatan ala Korea yang cocok untuk kamu. Be wise, stay healthy and pretty, ladies!

Nama Penulis: Indri Ahsanu Amala