Serunya Mengulik ‘Isi Dapur’ Berbagai Pabrik Kosmetik Top Polandia

Sesuai janji kami, mari kita lanjutkan ‘petualangan syantik’ eBLUSH 💄💇‍♀️💆‍♀️💅🧖‍♀️ di COSMETIC INDUSTRY STUDY TOUR 2018 yang diadakan Polish State Investment and Trade Agency. Kali ini, kami diajak berkeliling ke berbagai pabrik kosmetik Polandia.

Baca Juga: Berkunjung Ke Salah Satu Pameran Kecantikan Terbesar Di Polandia

 

View this post on Instagram

 

A post shared by eBLUSH (@eblushid) on

Seru deh! Kami jadi tahu ‘isi dapurnya’ berbagai pabrik kosmetik terkemuka di Polandia. Mulai dari peracikan formula, pemberian warna, pembuatan ‘adonan’ tiap produk, pengisian poduk ke kemasannya, hingga ke pengepakan.

Mau tahu kami jalan-jalan ke mana aja? Cuss, ikuti perjalanan kami di bawah ini:

  • Paese Cosmetics

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Paese.Cosmetics (@paese.cosmetics) on

Yang pertama kami kunjungi adalah pabrik brand kosmetik Paese di kota Krakow. Brand ini terkenal sebagai brand kosmetik lokal Polandia yang produknya organik. Di sana, kami berjumpa dengan Grzegorz Wnęk, founder dari Paese.

Kosmetik Polandia - Grzegorz Wnek
Grzegorz Wnęk

Menurut Grzegorz, Paese berasal dari kata Italia yang berarti “land (negeri)”. Sebuah negeri untuk perempuan dengan segala warna kulit dan beragam karakter kecantikan.

Karena itulah Paese terkenal akan produk-produk berkualitas tinggi dengan koleksi warna yang lengkap. Selain itu formulanya inovatif dan kemasannya pun menarik.

Sekitar 12 tahun lalu, awalnya Grzegorz bersama rekannya tak memproduksi produknya sendiri. Tadinya ia menyerahkan produksi pada pabrik-pabrik lain di Polandia. Namun menurutnya, kualitas terbaik yang ia inginkan, tak ditemukan lewat pabrik-pabrik tersebut.

Karena ingin mendapatkan produk dengan kualitas terbaik, maka Paese mulai membuat produknya sendiri. Hasilnya? Berbagai produk makeup yang fungsional, berbahan dasar terbaik, dan kaya kandungan alami bernutrisi.

Baca Juga: Bali Juga Punya Brand Kecantikan 100% Natural

Dalam koleksi produk Paese, kamu bisa nemuin kandungan kompleks vitamin, minyak, wax, mineral, dan filter UV yang semuanya natural. Dan dua produk andalannya adalah:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Paese.Cosmetics (@paese.cosmetics) on

Paese Cosmetics Rice Powder, bedak tabur dengan kandungan beras. Dapat mengontrol kelebihan sebum, menjaga kelembapan kulit, dan memberi efek matte pada kulit. Kompleksi kulit jadi halus dan merata. Bisa dipakai sebagai primer atau finishing akhir. Makeup pun jadi tahan lebih lama.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Paese.Cosmetics (@paese.cosmetics) on

Kalau yang ini diperkaya kandungan bambu. Unik ya?! Paese Cosmetics Bamboo Powder akan memberikan efek matte yang halus dan tahan lama di kulit namun dengan sentuhan berkilau. Hasilnya transparan, tidak putih seperti topeng kok.

  • Elfa Pharm Polska

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elfa Pharm International (@elfapharminternational) on

Elfa Pharm Polska yang terletak di kota Widawa, merupakan brand yang berdiri sejak tahun 2011. Brand ini didesain untuk menjawab kebutuhan para perempuan Polandia akan kosmetik berkualitas sangat baik dengan bahan dasar herbal dan tumbuhan.

Proses produksinya telah diakui dan tersertifikasi oleh berbagai laboratorium Eropa terkenal. Makanya bikin produk Elfa Pharm Polska itu kayak bikin produk medis. Standarnya tinggi banget. Namun kerennya, hasil jadinya itu loh! Terjangkau banget di kantong jutaan perempuan di Eropa.

Perusahaan ini punya berbagai lini brand unggulan. Beberapa di antaranya adalah:

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elfa Pharm Polska (@elfapharm) on

Dr. Santé, lini kosmetik perawatan rambut. Ditujukan untuk perawatan komprehensif rambut rapuh atau rusak. Formulanya ada yang terbuat dari minyak argan, minyak macadamia, hingga keratin.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Elfa Pharm Polska (@elfapharm) on

O’Herbal, brand kosmetik modern untuk perawatan rambut, tubuh, dan wajah. Punya kandungan komponen aktif dan alami berkonsentrasi tinggi. Seperti ekstrak hop, rami, arnica, thyme, mint, birch, atau akar jeringau. Produk-produknya tidak mengandung SLES, paraben, silikon, dan pewarna buatan.

  • Verona Products Professional

Kosmetik Polandia - Verona Products Professional

Verona Products Professional adalah perusahaan kosmetik multi-brand yang kami kunjungi pabriknya di Sochaczew. Berdiri sejak tahun 2003, Verona punya reputasi bagus di industri kecantikan Polandia.

Koleksinya terdiri dari makeup, perawatan wajah dan tubuh, perawatan dan pewarnaan rambut, hingga wewangian. Konsep produk-produknya mengikuti tren global, dengan kualitas produk yang didasari penelitian, desain unik, dan orisinalitas.

Verona punya banyak brand seperti Ingrid, Vollaré, Skin UP, PROVI White, Revia, Ryana, dan Vittorio Bellucci.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Ingrid Cosmetics (@ingrid.cosmetics) on

Kalo kamu cari lipstik matte yang oke dan tidak bikin bibir kering, kami rekomendasiin Ingrid Cosmetics Lipstick Wonder Matt Ingrid. JUARA!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Vollare Cosmetics (@vollare.cosmetics) on

Sedangkan Vollaré Cosmetics terkenal akan berbagai jenis primer-nya.

  • Delia Cosmetics®

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Delia Cosmetics (@delia_cosmetics_official) on

Membantu para perempuan untuk memaksimalkan kecantikan alaminya, baik dari dalam maupun luar, menjadi konsep dari Delia Cosmetics®. Selama lebih dari 20 tahun, brand ini telah merilis berbagai formula kosmetik tepercaya dari pabriknya yang ada di Rzgów.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Delia Cosmetics (@delia_cosmetics_official) on

Karena bisnis ini adalah bisnis keluarga, tak heran brand ini kental dengan nilai-nilai kekeluargaan dan pertemanan. Kontribusi sosialnya juga besar loh! Makanya brand ini dianugerahi penghargaan Benefactor of the year 2017 Aword (Dobrczyńcza Roku 2017). No wonder ya, para pencintanya laff ❤ ❤ ❤ dan setia sama Delia Cosmetics®.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Delia Cosmetics (@delia_cosmetics_official) on

Keluarga yang ‘melahirkan’ Delia Cosmetics® adalah pasangan suami istri, dr Józef Szmich dan Alina Szmich.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Delia Cosmetics (@delia_cosmetics_official) on

‘Buah hati’ pertama Delia Cosmetics® adalah rangkaian cat rambut yang terbuat dari pewarna herbal. Namanya Cameleo. Brand rambut ini sukses besar karena Cameleo adalah pewarna rambut pertama dan satu-satunya di Polandia yang telah teruji dan terbukti aman digunakan pada kulit sensitif.

Sedangkan produk hits-nya adalah produk untuk alis, terutama eyebrow tint-nya. Formulanya banyak disukai masyarakat Polandia. Pokoknya kalau ngomongin produk alis, yang paling diingat adalah Delia Cosmetics®.

Huwaaa, jadi mupeng kan. Pingin nyobain berbagai kosmetik Polandia di atas. Lalu, bagaimana nih deretan brand kecantikan kece tadi bisa masuk dan dinikmati oleh publik Indonesia?

Kosmetik Polandia - Pak Kilala Tilaar dan Pak Rudy Kurniady
Pak Kilala Tilaar (Director Of Corporate Creative And Innovation Martha Tilaar Group) dan Pak Rudy Kurniady (Minister Counsellor) dari Kedutaan Republik Indonesia di Polandia

Menurut Pak Kilala Tilaar (Director Of Corporate Creative And Innovation Martha Tilaar Group) dan Pak Rudy Kurniady (Minister Counsellor) dari Kedutaan Republik Indonesia di Polandia, untuk masuk bisnis kecantikan di Indonesia, para pengusaha Polandia perlu perhatiin beberapa hal. Yaitu:

  1. Kecenderungan generasi zaman now di Indonesia yang lebih memilih gaya hidup dan produk-produk natural dan sehat, ramah lingkungan, organik, cruelty free, berkesinambungan, dan lainnya.
  2. Preferensi yang mengarah pada produk-produk berkonsep clean beauty. Maksudnya produk-produk yang diciptakan berdasarkan rasa cinta pada tubuh dan lingkungan, serta bebas pula dari kandungan beracun.
  3. Populasi masyarakat muslim yang besar di Indonesia, menjadikan produk halal sangat diminati.
  4. Peran media sosial yang begitu besar. Apa-apa dicari pake internet. Sehingga apa yang di-endorse influencer, dengan cepat bisa menjadi tren yang melejitkan penjualan. 

Nah, inilah Pe-Er-nya para pelaku industri kecantikan Polandia. Tak sabar kan nunggu ekspansi kosmetik Polandia ke Indonesia?!