Pakai Wasabi untuk Kecantikan, untuk Bibir Lebih Tebal sampai Usir Jerawat yang Bikin Kita Kesal

Siapa di sini yang suka makan sushi dan geng makanan Jepang lainnya? Kami sudah pasti jadi orang yang akan tunjuk tangan paling tinggi. Nah, biasanya kalau makan sushi, lebih enak ditemani dengan wasabi, si sambal khas Jepang berwarna hijau. Tapi tahukah kamu kalau sekarang wasabi tidak hanya untuk dimakan?

Beberapa waktu belakangan ini, rasanya di internet makin banyak saja orang yang menggunakan wasabi untuk kecantikan, misalnya untuk bibir sampai jerawat.

Wasabi untuk Bibir

Seorang beauty vlogger bernama Haley Bringel adalah salah satu perempuan yang menggunakan wasabi untuk kecantikan, untuk bibir lebih tepatnya. Dalam salah satu videonya di YouTube, Haley mempraktekkan bagaimana wasabi bisa membuat bibir terlihat lebih tebal dalam sesaat! Hanya dengan mengaplikasikan wasabi ke bibir, lalu langsung dibersihkan dalam waktu tidak lebih dari satu menit. Hasilnya, bibir pun jadi terlihat lebih tebal! Hal ini dikarenakan wasabi bisa membuat bibir jadi agak membengkak sehingga membuatnya terlihat lebih tebal.

Namun ternyata hal ini menuai banyak kontroversi. Beberapa dokter spesialis kulit mengatakan bahwa efek penebalan bibir akibat wasabi ini jelas bisa berbeda di masing-masing orang. Jika di Haley penebalannya terlihat oke, bisa beda halnya kalau di bibir orang lain yang mungkin lebih sensitif. Untuk menghindari risiko ini, sebaiknya kamu tidak perlu mencoba juga trik membuat bibir lebih tebal ini.

Wasabi untuk Jerawat

Kalau para scientist sedang membuat vaksin untuk jerawat, beauty vlogger Farah Dhukai justru menggunakan wasabi untuk jerawat. Wait, what? Pada postingan di Instagram, Farah menempelkan wasabi langsung pada jerawat yang sedang meradang selama kurang lebih 2 menit. Hasilnya? Pada awalnya jerawatnya makin memerah dan terasa perih. Namun Farah mengaku bahwa trik ini sukses membuat jerawatnya tidak membesar. Hmm…

Wasabi memang punya manfaat sebagai antibakteri, namun saran kami, sebaiknya kamu tidak ikut mempraktekkannya. Wasabi bisa memicu iritasi pada kulit sehingga jika diaplikasikan ke area yang sudah teriritasi, kami pun tidak bisa membayangkannya. Sebaiknya pakai obat jerawat yang sudah dijual di pasaran saja. Kalau mau coba yang dipakai Ayla Dimitri boleh juga.

Meskipun wasabi tidak disarankan untuk digunakan secara langsung ke kulit, namun sudah ada beberapa produk kecantikan yang memang menggunakan wasabi untuk perawatan kulit. Misalnya saja Garnier Men Acno Fight Wasabi Foam yang diperuntukkan untuk membersihkan wajah para laki-laki di luar sana.